BUMN Salurkan Rp 11,3 Miliar Dana Sosial di NTB

Beny S Butar-Butar (Lukmanul Hakim/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Dana sosial atau corporate social responsibility (CSR) dari seluruh Badan Usaha Milik Negara  (BUMN) di Indonesia  Rp 11,3 miliar  akan disalurkan di NTB.

Panitia Hari Ulang Tahun BUMN ke-7 memastikan sudah menerima dana ini. "Rencananya akan didistribusikan dalam beberapa bentuk program bantuan, baik itu pendidikan, pemberdayaan ekonomi dan sosial budaya," kata koordinator kegiatan HUT BUMN, Beny S Butar-Butar dalam keterangan perssnya   didampingi Corporate Secretary  Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC), Yoanita Octavia Riany E dan Kepala Humas dan Protokol Kementerian BUMN, Teddy Poernama, Kamis kemarin (26/1).

Beny menjelaskan   panitia memilih Lombok sebagai tuan rumah pelaksanaan  HUT BUMN ke-7  dari 26 hingga 28 Januari 2017 dengan mengambil lokasi utama di Kawasan Ekonomi khusus (KEK) Mandalika, Kuta Lombok Tengah. Kawasan Mandalika Resort adalah satu dari sepuluh KEK yang ditetapkan oleh pemerintah yang menjadi perioritas pertama. Makanya HUT ke – 7 ini dilaksanakan di Lombok yang diikuti sebanyak 113 BUMN  di Indonesia.

[postingan number=3 tag=”dana”]

Menurut Benny, Provinsi NTB memiliki potensi pariwisata yang sangat potensial. Situasi dunia saat ini, pemerintah berharap mendorong pertumbuhan suatu daerah dan menggerakkan sektor pariwisatanya. Karena potensi yang demikian besar itulah NTB jadi nomor satu yang diperhatikan melalui pertumbuhan investasi pendukung pariwisata di KEK Mandalika.

Dana sosial yang sudah terkumpul selanjutnya akan didistribusikan dalam beberapa bentuk program, pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada pedagang bakulan melalui pusat pemberdayaan masyarakat.

Dengan pemberdayaan  ini diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat selanjutnya.

Lalu ada bantuan kepada  SDN 3 Sembalun peraih penghargaan sekolah sehat, namun kondisinya justru terbalik dari sisi dukungan infrastruktur pendukung pendidikan. Selain itu, ada renovasi rumah guru di Sembalun, pemberian bantuan sarana prasarana mendukung petani di Sembalun.

Sembalun, lanjut Benny,  pernah mengalami masa kejayaan sebagai sentra produksi bawang. ''Kita memberikan bantuan sarana dan prasarana pendukung bagi petani untuk mengembalikan masa kejayaan itu,'' jelasnya.

Selain itu, dana sosial yang terkumpul tersebut akan digunakan untuk membangun perpustakaan dan Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Pada HUT BUMN tahun ini, panitia akan mengajak seluruh peserta mengeksplore kekayaan sumber daya alam yang ada di NTB. dari potensi pariwisatanya, pertaniannya, hingga SDM. “Semua Dirut BUMN hadir, masing-masing nantinya bisa memetakan disektor apa bisa berinvestasi, sekaligus bisa diputuskan karena pimpinan BUMN bisa melihat langsung,” pungkasnya. (luk)