Buah Manggis dan Rambutan Asal Lombok Bidik Pasar Ekspor UEA

KUNJUNGAN : Kepala Disdag NTB Baiq Nelly Yuniarti bersama salah satu perwakilan eksportir yang akan melakukan pengiriman buah manggis dan rambutan ke UEA. (RATNA / RADAR LOMBOK)

SELONG – Kepala Dinas Perdagangan NTB Baiq Nelly Yuniarti mengatakan Pemprov NTB siap memfasilitasi ekspor buah dan komoditas agro lainnya ke Uni Emerat Arab (UEA). Pasalnya, NTB memiliki potensi buah-buahan yang berkualitas ekspor.

“Kita siap membantu dan memfasilitasi eksportir dalam kelancaran proses ekspor dan membuka peluang pasar agar produk NTB lebih dikenal di kancah internasional,” kata Baiq Nelly, Senin (23/1).

Dikatakan Nelly, bahwa  baru-baru ini pihaknya melakukan kunjungan ke PT Bintang Agro Sentosa, salah satu eksportir buah di NTB yang telah memiliki Packing House tersertifikasi untuk buah segar yang sedang melakukan proses pengemasan buah manggis hasil dari para petani di daerah Lingsar dan Narmada.

Baca Juga :  Tahun Ini Harga Rumah Subsidi Naik Jadi Rp 174 Juta

Buah yang telah dikemas, akan diekspor ke Dubai Uni Emirat Arab sebanyak 800 kg Manggis dan 200 kg rambutan dengan total nilai US$ 4.072,6. Pengiriman akan dilakukan melalui cargo udara dan telah memanfaatkan fasilitas penerbitan Dokumen SKA di Dinas Perdagangan Provinsi NTB.

Tidak hanya itu, diakui Nelly, Pemprov bersama Kadis Perdagangan Lombok Timur L Dani Ahyani dan didampingi Analis Perdagangan NTB juga telah melakukan pertemuan dengan Susan selaku perwakilan buyer dari Epic Star Group of Companies yang merupakan importir aneka komoditi segar dari Indonesia ke Dubai, UEA termasuk diantaranya buah manggis dan rambutan dari NTB.

Baca Juga :  MODENA Luncurkan Produk Edisi Terbatas Marvel

Pertemuan ini dimaksudkan untuk mendiskusikan segala kendala yang dihadapi oleh eksportir mereka di NTB selama proses ekspor manggis ini.

“Selain itu dibahas mengenai peluang ekspor ke UEA untuk produk buah dan rempah dari NTB seperti, jahe, kelapa, cabai dan lainnya,” pungkasnya, (cr-rat)

Komentar Anda