BSI Perkuat Ekosistem Islami di Lingkungan Kementerian Perdagangan

Jakarta, 14 Juni 2023 — PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen untuk terus memperkuat ekosistem Islami, salah satunya di lingkungan pemerintahan. Kali ini, langkah tersebut diwujudkan melalui kerjasama BSI dengan Kementerian Perdagangan mengenai pengelolaan belanja pegawai.

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna menyebutkan, melalui kerjasama ini BSI siap memberikan fasilitas layanan perbankan berbasis prinsip syariah kepada pegawai kementerian untuk pengelolaan dana operasional melalui layanan Cash Management System.

“BSI terus mendukung penguatan ekosistem Islami, termasuk di lingkungan kementerian dan lembaga. Dengan ekosistem yang modern dan terintegrasi, seluruh pegawai di lingkungan kementerian akan mendapatkan pelayanan lengkap produk dan jasa keuangan syariah,” kata Anton.

Tidak hanya pembayaran gaji dan tunjangan, pegawai kementerian juga dapat memanfaatkan produk-produk dana tabungan, deposito dan giro, pembiayaan konsumer, hingga penghimpunan dana ZISWAF (zakat, infak, sedekah).

Khusus ZISWAF, BSI telah bekerja sama dengan BAZNAS untuk mengoptimalkan pengelolaan zakat, infak, dan sedekah. Kerja sama ini diyakini mendukung tercapainya realisasi potensi zakat sebesar Rp300 triliun. Zakat aparatur sipil negara (ASN) yang bisa dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ditaksir memiliki potensi mencapai Rp120 triliun jika pembayarannya dilakukan lewat mekanisme potong gaji. Potensi ini pada akhirnya juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Sinergi antara BSI dan Kementerian Perdagangan ini juga menjadi bagian dari usaha kedua belah pihak untuk meningkatkan inklusi keuangan syariah. Penandatanganan dilakukan Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto dengan Direktur Penjualan dan Distribusi BSI Anton Sukarno di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (13 Juni).

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BSI atas pelayanan yang telah diberikan sampai saat ini di lingkungan Kementerian Perdagangan. Semoga sinergi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak,” ujar Suhanto.

Komentar Anda