BPSDM : Kabar Pendaftaran CPNS Adalah Hoaks

Ilustrasi CPNS
Ilustrasi CPNS

SELONG – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Lombok Timur memastikan kabar rekrutman Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang santer beredar belakangan ini adalah hoaks (kabar bohong).

Kepala Bidang Data dan Formasi BPSDM Lombok Timur Muhammad Bahrain mengatakan, hingga saat ini kuota CPNS yang rencannya dibuka tahun 2018 belum keluar. Hoaks ini menyebabkan banyak warga yang datang ke kantor BPSDM untuk mamasukkan surat lamaran.” Jadi saya mau luruskan disini, hingga saat ini kuota CPNS itu belum keluar sama sekali. Sehingga saya menghimbau kepada masyarakat jangan percaya. Itu hoaks,” ungkapnya kemarin.

BACA JUGA: Pembukaan Pendaftaran CPNS Belum Jelas

Saat ini Pemkab Lombok Timur sudah berupaya menjemput kuota CPNS, namun hingga saat ini berapa jatah yang didapat Lombok Timur masih belum jelas, meski saat ini kebutuhan tenaga teknis banyak kekurangan.”Kekurangan kita memang banyak, makanya kita mengusulkan lebih banyak, tapi belum keluar juga,” tegasnya.

Disampaikannya, usulan kuota CPNS untuk Lotim mengalami penambahan yang cukup banyak. Dimana awalnya yang diusulkan mencapai 4 ribu formasi, namun pada bulan Februari 2018 Pemkab diminta melakukan penyesuaian dengan belanja publik dan belanja pegawai di APBD.”Sehingga setelah diutak-atik anggarannya sekitar bulan April, sekitar 250 formasi yang dapat diusulkan, tapi semoga bisa lebih,” katanya.

Untuk itu kuota yang diusulkan sebanyak 513, dengan jumlah ini tentunya jauh apabila disesuaikan dengan kebutuhan CPNS di Kabupaten Lotim. Idealnya, Kabupaten Lotim mendapatkan 4.000 tambahan PNS, sehingga pemerintah daerah tidak dibebankan lagi dengan honorer. Untuk tenaga guru saja yang dibutuhkan sebanyak 2.400 orang berdasarkan pendataan tahun 2017.” Tunggu saja infonya, dan kalau kuota ini turun, detik itu juga saya akan panggil wartawan untuk muat dan pasang pengumuman, jadi kita tidak akan sembunyikan info itu,”terangnya.

BACA JUGA: Informasi Hoax Bikin Panik Pelamar CPNS

Namun ia mengatakan Pemkab siap menerima berapapun formasi yang diberikan baik kesiapan dari segi personel yang menerima pelamar maupun ketersediaan anggarannya. “Segala sesuatunya sudah kita persiapkan mulai dari panitia dan yang lainnya, tinggal kita umumkan melalui media kalau sudah turun,”tegasnya.( wan)