BPJamsostek Perbanyak Rumah Sakit Melayani Perawatan Kecelakaan Kerja

rumah sakit
Penandatanganan kerja sama BPJamsostek bersama RS Siloam untuk pelayanan kecelakaan kerja bagi peserta, Jumat (7/5).

MATARAM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang NTB memperbanyak kerja sama kemitraan dengan rumah sakit pemerintah dan swasta untuk memperluas jangkauan layanan bagi peserta. Kerja sama tersebut sebagai upaya BPJamsostek Cabang NTB memperluas pelayanan ketika ada peserta yang mengalami kecelakaan kerja.

“Dengan semakin banyaknya rumah sakit mitra BPJamsostek, akan semakin mempermudah peserta dalam mendapatkan layanan, ketika terjadi kecelakaan kerja,” kata Kepala BPJamsostek Cabang NTB Adventus Edison Souhuwat, Jumat (7/5).

Menurut Edison, dengan banyaknya rumah sakit bekerja sama dengan BPJamsostek, maka peserta tidak lagi harus dibawah ke rumah sakit jauh dari lokasi kecelakaan kerja. Tetapi, peserta BPJamsostek yang mengalami kecelakaan kerja bisa lebih cepat dan mudah mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit yang dekat dengan lokasi terjadinya kecelakaan, sehingga tidak perlu mencari rumah sakit yang lokasinya jauh.

Baca Juga :  BPJamsostek Gandeng BTN Berikan Pembiayaan Perumahan

“Begitu juga dengan setiap biaya yang timbul di rumah sakit, tidak akan dibebankan biaya kepada keluarga. Kerja sama ini sudah hampir di semua rumah sakit yang ada di NTB, baik milik pemerintah maupun swasta,” kata Edison.

Penandatanganan kerja sama layanan pasien peserta BPJamsostek dilakukan oleh dua rumah sakit swasta, yakni Rumah Sakit Siloam dan Rumah Sakit Risa Medika. Hadir dalam penandatanganan itu, Direktur RS Siloam dr Rini Kusmardi Atif dan Dirertur RS Risa Sentra Medika dr Ida Ayu Eka Tirta Arini.

Direktur RS Siloam dr Rini Kusmardi Atif mengatakan, kerja sama pelayanan pasien peserta BPJamsostek sebelumnya sudah lama berlangsung dan kembali diperpanjang. RS Siloam memberikan layanan terbaik, termasuk menyiapkan fasilitas lengkap sesuai standar layanan. Begitu juga dengan kesiapan  sumber daya manusia (SDM) medis di RS Siloam sudah ada dokter spesialis operasi, dokter bedah ortopedi, dokter beda tulang dan dokter beda plastik dalam menunjang layanan pada kecelakaan kerja.

Baca Juga :  58 Atlet PON Cedera Biaya Pengobatan Ditanggung Penuh BPJamsostek

“Di UGD kami faslitasi untuk kasus kasus trauma. Kami juga berharap dengan adanya fasilitas ini RS Siloam bisa melayani dengan baik, mulai dari pelayanan di UGD sampai operasi pasien kecelakaan kerja peserta BPJamsostek,” katanya.

Sementara itu, Direktur RS Risa Sentra Medika dr Ida Ayu Eka Tirta Arini mengatakan rumah sakit yang dipimpinnya sudah memiliki fasilitas dan sumber daya manusia medis yang lengkap dalam memberikan pelayanan kepada peserta BPJamsostek.

“Pekerja lebih mudah mendapatkan layanan akses perawatan kecelaan kerja dan dilakukan dengan standar layanan,” kata dr Ida Ayu. (luk)