BPBD Petakan Kawasan Rawan Bencana

Iwan Maret Asmara (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Utara tengah melakukan pemetaan titik-titik yang dianggap rawan bencana.

Pemetaan ini dilakukan untuk mengetahui mana saja lokasi yang perlu diantisipasi agar tidak menimbulkan korban jiwa. Titik-titik kerawanan itu mulai bencana longsor, kekeringan, dan banjir. Pemetaan ini secepat mungkin akan dituntaskan. “Tim BPBD saat ini sedang turun melakukan pemetaan mana saja yang termasuk titik-titik kerawanan bencana, baik tanah longsor, banjir, dan kekeringan. Pemetaan ini turun ke semua desa sebanyak 33 desa. Rawan bencana yang perlu diantisipasi terutama bencana tanah longsor, karena daerah ini paling banyak perbukitan dengan kondisi tanah yang stabil,” terang Kepala BPBD Lombok Utara, Iwan Maret Asmara kepada Radar Lombok, Jumat (7/10).

Dalam mengantisipasi bencana, katanya, pihaknya baru bisa melakukan sebatas imbaun dan sosialisasi kepada masyarakat, terutama di sekitar perbukitan. Beberapa kawasan yang perlu diantisipasi pada musim hujan ini tanah longsor yaitu, Teluk Nare, Pusuk, dan Bayan. “Daerah yang berbukitan sehingga paling banyak rawan longsor,” jelasnya.

Berdasarkan data tahun ini menurutnya belum ada kejadian tanah longsor. Hanya saja beberapa waktu terjadi angin deras di kawasan Bayan, sehingga membuat sejumlah pohon menimpa warga, namun tidak menimbulkan kerugian besar dan korban jiwa. Untuk mengantisipasi bencana alam pihaknya belum bisa melakukan program jangka panjang seperti penaludan di sejumlah titik rawan longsor mengingat anggaran yang dibutuhkan sangat besar. Apalagi kondisi daerah belum bisa, termasuk juga dari anggaran provinsi dan pusat akan turun ketika terjadi musibah. “Bukan sebelum musibah,” ujarnya.

Selain menghimbau pihaknya juga akan menurunkan tim reaksi cepat (TRC) ke setiap titik yang dianggap rawan untuk mengimbau masyarakat. Ketika hujan lebat dan lama selama berjam-jam, maka TRC dan masyarakat yang tinggal diperbukitan langsung menjauh. “Kesadaran masyarakat kita disini sudah bagus,” katanya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid