BOP Hanya Dijatah untuk PAUD Berakreditasi

PAUD

MATARAM—Maraknya lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) belakangan membuat pemerintah sedikit kewalahan. Lantaran itu, mulai pada 2019 mendatang hanya PAUD beakreditasi yang berhak mendapatkan Bantuan Operasional Penyelenggara (BOP).

“Pemerintah akan semakin teliti untuk Lembaga PAUD,” kata Kasi Informasi dan Kemitraan Balai Pengembangan PAUD DIKMAS NTB, Hizbul Maududi, Senin (3/4).

[postingan number=3 tag=”pendidikan”]

melihat jumlah PAUD saat ini, ungkapnya, cukup mencengangkan. Terdapat sebanyak 3.930 PAUD yang tersebar di seluruh NTB. Dari jumlah itu, dipastikan masih sangat sedikit yang terakreditasi.

Katanya, tahun ini jumlah PAUD yang akan diarkeditasi mencapai 300-an lembaga. Dengan demikian pihaknya bisa memilih PAUD yang memang benar-benar memiliki izin operasional.

Dari banyak PAUD yang tersebar, bebernya, tidak sedikit yang fiktif. PAUD fiktif ini disebutnya hanya sekedar mengincar bantuan dari pemerintah.

Berdasarkan pengalaman tersebut, pemerintah kini lebih teliti memperhatikan setiap lembaga pendidikan, salah satunya seperti PAUD. Praktis, pada 2019 mendatang pihaknya akan lebih mempertegas keberadaan PAUD untuk mendapatkan bantuan.

Dengan cara ini, sambungnya, pelaksanaan peningkatan mutu dan kapasitas di tingkat PAUD juga diniliai akan lebih matang kedepan. Ini karena seluruh PAUD yang sudah ada namanya bisa dideteksi dengan mudah. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid