Bobol Rumah Warga, Ijang Berakhir di Penjara

Bobol Rumah Warga
PENCURI: Samsul Rizal, alias Ijang, warga Dusun Otak Desa, Desa Sikur, Kecamatan Sikur, yang ditangkap polisi karena melakukan pencurian. (IST FOR RADAR LOMBOK)

SELONG—Aksi pencurian dengan pemberatan (Curat) yang dilakukan Samsul Rizal, alias Ijang, warga Dusun Otak Desa, Desa Sikur, Kecamatan Sikur, akhirnya berujung penjara. Dia ditangkap polisi karena nekat membobol rumah warga yang berlokasi di Dusun Karang Anyar, Desa Sikur, Kecamatan Sikur, awal Januari 2018 lalu.

Pelaku sendiri berhasil ditangkap petugas Sabtu lalu (27/1). Dia ditangkap di lokasi persembunyiannya yang diketahui adalah rumah mertuanya. Yang bersangkutan langsung di gelandang ke Mapolres Lotim untuk diproses hukum lebih lanjut. “Tim Ops Jaran Gatarin kembali menangkap satu pelaku Curat,” kata Kapolres Lotim melalui Kasubag Humas, Iptu I Made Tista, Minggu kemarin (28/1).

Dari penangkapan itu, selain mengamankan pelaku, petugas juga turut mengamankan sejumlah barang bukti dari tangan pelaku, diantaranya 1 unit HP lengkap dengan charger. “Saat ditangkap, kita temukan barang hasil curian di tangan pelaku ini. Sehingga pelakunya langsung kita bawa,” sebutnya.

BACA JUGA :  Pencuri Motor Nyaris Tewas Dihakimi Massa

Modus kejahatan pelaku, dia melakukan aksinya malam hari. Dia masuk ke rumah korban dengan cara mencongkel pintu utama. Setelah itu pelaku menggasak isi kamar korban yang ketika itu dalam kondisi tidak di kunci.

“Korban ketika itu tedang tertidur. Pelaku mengacak-acak isi kamar, dan setelah itu kabur. Dari kejadian ini korban mengalami kerugian sekitar Rp 3 juta,” tuturnya.

Akibat perbuatannya, pelaku pun diancam dengan pasal 363 KUHP terkait pidana pencurian dengan pemberatan. Pelaku kini telah diamankan di Polres Lotim untuk diproses lebih lanjut, guna mengungkap kemungkinan ada tempat lainnya yang pernah menjadi sasaran aksi kejahatannya. “Pelaku sudah kita amankan untuk pengembangan dan proses hukum lebih lanjut. Keterangan terus didalami petugas,” singkat Tista. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut