BNNP Tes Urine Awak Pesawat di BIL

PRAYA—Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) NTB menggelar tes urine sejumlah awak pesawat di Bandara Internasional Lombok (BIL).

Tes urine yang dilakukan secara mendadak. BNNP melakukan tes urin terhadap 8 awak pesawat Silk Air yang terdiri atas pilot dan pramugari. Hasil  dinyatakan negatif mengandung narkotika. Proses  tes urine sendiri  dilakukan BNNP di ruang pesawat Silk Air.  " Ini yang kita tes urine tadi ada 8 orang awak pesawat Silk Air yang terdiri dari pilot dan pramugari. Hasilnya negatif semua," ujar Kepala BNNP NTB Kombes Pol Sriyanto  Jumat kemarin (24/6).

 Dikatakannya, tes urine  di BIL ini masih dalam rangkaian kegiatan menyambut Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2016. Ini juga dilakukan sebagai salah satu cara mengantisipasi kelancaran dan keselamatan para pemudik lebaran tahun ini. " Jadi mulai dari awak pesawat itu harus bersih dengan narkoba. Sehingga pemudik tahun ini aman dan lancar," katanya.

Rencananya, BNNP juga disebutnya akan tetap melaksanakan tes urin ini secara rutin di bandara. Tentunya kata dia dengan memeriksa urine awak pesawat dari maskapai penerbangan yang lain. Bahkan, para penumpang juga disebutnya akan dilakukan tes urine.  "  Nanti awak pesawat dari maskapai penerbangan yang lain juga akan kita lakukan tes urine. Sekarang ini dulu," ungkapnya.

Tes urine di bandara ini juga disebutnya dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia berdasarkan surat edaran Nomor : SE/43/VI/DE/PM.00/2016/BNN tentang himbauan pelaksanaan tes urin dalam rangka peringatan hari anti nartika internasional (HANI) 2016. " Nanti juga akan dilakukan di terminal dan pelabuhan," tandasnya.

Tes urine dalam rangkaian HANI ini juga disebutnya sebagai momentum untuk kembali mengingatkan masyarakat bahwa narkotika masih menjadi momok yang menakutkan bagi Bangsa ini. Junlah korban yang terus bertambah dan sindikat yang kian cerdik mencari cara memasok narkotika mengharuskan setiap orang untuk selalu waspada dan gigih menolak narkotika beredar di ranah ibu pertiwi. " Ini sebagai bentuk upaya kita yang tidak henti-hentinya menyatakan perang terhadap jaringan ataupun peredaran narkotika," tandasnya.(gal)

BACA JUGA :  BNNP Amankan 7 Kg Paket Ganja dari Medan