BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Buruk di NTB

WASPADA: Potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat ataupun petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah NTB.

MATARAM — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terhadap cuaca di NTB pada Senin (22/2/2021).

Masyarakat diminta mewaspadai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat ataupun petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Dompu, dan Kota Bima pada pagi hingga dini hari. Suhu berkisar 23 sampai 33 derajat celcius dengan kelembapan 60 sampai 100 persen.

Angin permukaan di wilayah NTB bertiup dengan variasi arah dominan dari Barat Daya ke Utara, dengan kecapatan angin maksimum mencapai 37 km per jam. Potensi pertumbuhan awan hujan terdapat di sebagian wilayah NTB dengan intensitas hujan sedang hingga lebat.” Dengan adanya potensi terjadinya hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, masyarakat diimbau untuk selalu tetap waspada dan berhati-hati dengan dampak bencana yang ditimbulkan seperti tanah longsor,genangan air, banjir,angin kencang,kilat/petir dan pohon tumbang,” imbau BMKG.

Bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut,nelayan, wisata bahari dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir,diimbau untuk mewaspadai tinggi gelombang yang mencapai lebih dari 2 meter di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian Selatan, Samudera Hindia selatan NTB dan Selat Sape bagian Selatan. ” Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadinya gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbau prakirawan Dhian Yulie Cahyono.(rl)