BKPSDM Lotim Hampir Kena Tipu Oknum Mengaku Orang BKN

Salmun Rahman (Janwar Irwan/Radar Lombok)

SELONG- Pihak Badan Kepegawaian dan Pembinaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lotim hampir saja kena tipu oleh oknum yang mengatasnamakan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Oknum Mengirim surat berkop BKN ke kantor BKPSDM Lotim.

Kepala BKPSDM Kabupaten Lotim, Salmun Rahman, mengaku menerima sebendel surat yang dialamatkan ke Bupati Lombok Timur Cq Kepala BKPSDM Kabupaten Lotim bernomor K26-30/V 151-3/93 tertanggal 26 Maret 2021. Yang bertandatangan di surat ini adalah Plt Kepala Biro Humas BKN, Paryono dan dikirim melalui kantor pos. “ Saat petugas pos mengantar surat, dilepas begitu saja tanpa meminta untuk dibuhuhi tanda terima,” ungkap Salmun kemarin.

BACA JUGA :  Timsus Tetap Kejar Sembilan Rampok Sekaroh

Di dalam surat itu BKN meminta Bupati Lombok Timur melalui BKPSDM  Lotim merekrut sebanyak 28 nama yang tercantum dalam lampiran surat itu menjadi pegawai di jalur P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). BKPSDM diminta memanggil semua nama dalam lampiran surat itu. Pihaknya curiga dengan keabsahan surat itu, kemudian menghubungi orang yang dikenalnya di BKN.” Ternyata setelah ditelusuri pihak BKN menyatakan tidak pernah mengeluarkan surat seperti itu. Surat juga terindikasi dipalsukan,” paparnya.

BACA JUGA :  PT Tunas Jaya Sanur Bantah Serobot Lahan

Ia menegaskan, alur penerimaan pegawai non ASN melalui jalur P3K bukan seperti ini. Alur yang benar, pihak BKN mengeluarkan formasi atau kuota tiap daerah secara nasional. Berdasarkan formasi dari BKN, masing-masing daerah mengajukan usulan dan kemudian diturunkan persetujuan oleh BKN.”Sebelum ini, saya sempat didatangi oleh oknum yang mengaku orang BKN dengan menunjukkan ID Card yang tertera nama Agus Budi Santoso,” ungkapnya.

Salmun mengaku sempat memfoto tanda pengenal orang itu. Ternyata juga tidak ditemukan pegawai di BKN dengan identitas tersebut.(wan)