BKN Buka Kantor Perwakilan di Provinsi NTB

RUANG IT CANGGIH: Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi, bersama Kepala BKN, Dr Bima Haria Wibisana meninjau ruangan tempat tes CPNS yang dilengkapi IT canggih, di sela peresmian Kantor UPT BKN Mataram, Kamis (13/10) (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Mempercepat akses layanan kepegawaian bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Badan Kepegawaian Nasional (BKN) membuka UPT BKN Mataram, dengan memanfaatkan Kantor eks Diskoperindag Kota Mataram, samping Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTB.

Peresmian UPT Kantor BKN Mataram tersebut dihadiri langsung Gubernur NTB, Dr TGH Muhammad Zainul Majdi, Kepala BKN, Dr Bima Haria Wibisana, Sekretaris Utama BKN, Usman Gumanti, Kepala BKD Provinsi NTB, Dr H Abdul Hakim, dan Kepala BKD kabupaten/kota se NTB, Kamis kemarin (13/10).

Gubernur mengatakan, dengan adanya kantor UPT layanan BKN di NTB, maka nantinya akan berdampak terhadap peningkatan kualitas, baik itu integritas, kinerja dan proesionalitas dari para ASN yang ada di seluruh daerah NTB. “ASN itu sangat menentukan kualitas pembangunan suatu daerah,” kata Gubernur NTB, Zainul Majdi.

Menurut Zainul Majdi, integritas dan berlimu merupakan hal yang sangat terpenting. Dengan kehadiran BKN membuka kantor UPT di Mataram, maka diharapkan akan mampu meningatkan kualitas ASN yang ada di NTB, baik itu kemampuan kompetensi, profesionalitas dan tentunya yang palig penting lagi adalah integritas yang bermakna luas, seperti kejujuran dan menjalankan amanah dengan sebaik -baiknya.

“Kita berharap kepada BKN untuk terus diperbaharui untuk mengikuti tuntutan public dalam menciptakan integritas dan kemampuan yang lebih baik lagi di dalam ASN,” harapnya.

Kepala BKN, Dr.Bima Haria Wibisana menyebut bahwa peresmian UPT BKN Mataram merupakan yang ke lima se Indonesia dari rencana delapan UPT BKN se Indonesia pada tahun 2016. Pendirian UPT BKN di daerah sebagai salah satu upaya BKN untuk mendekatkan pelayanan berbagai macam masalah adminstrasi dan lainnya bagi ASN. Sehingga ASN tidak lagi kesulitan ataupun  menempuh jarak yang jauh seperti ke Bali ataupun ke Jakarta hanya untuk mengurus dua atau tiga berkas baik itu kenaikan pangkat atau golongan ataupun yang lainnya.

“UPT BKN Mataram ini juga digunakan sebagai tempat tes CPNS, tes uji kenaikan pangkat golonga, assessment pejabat dan lainnya. Karena di UPT BKN Mataram sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan infrastruktur technology yang memadai,” ujar Bima.

UPT BKN Mataram percepat akses layanan kepegawaian NTB usai meresmikan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Jambi, Semarang, Serang, dan Gorontalo, BKN kembali membuka UPT di Kota Mataram. Kehadiran UPT merupakan bentuk pengembangan layanan BKN dalam memfasilitasi pelaksanaan seleksi rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) dan proses penilaian kompetensi.

UPT BKN Mataram difungsikan sebagai sarana pelaksanaan rekrutmen CPNS, seleksi dalam jabatan, pemetaan kompetensi, dan seleksi ujian ikatan dinas melalui Computer Assisted Test (CAT BKN). Selain itu, UPT BKN juga menyediakan fasilitas Assessment Center yang digunakan untuk mempermudah pelaksanaan penilaian kompetensi ASN seperti Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi. UPT BKN yang tersebar akan membantu pemerintah daerah dalam mengawal penyelenggaraan kepegawaian di daerah.

Sekretaris Utama BKN, Usman Gumanti berharap selain keberadaan Kantor Regional BKN yang sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua, kehadiran UPT di wilayah pelosok Indonesia dapat mendekatkan layanan kepegawaian daerah.

Untuk itu UPT BKN Mataram diharapkan dapat mempermudah akses pelayanan kepegawaian, sehingga setiap penyelesaian permasalahan kasus-kasus kepegawaian daerah dapat segera ditangani secara cepat. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid