Bintang Toedjoe Edukasi Pelajar SMAN 2 Aikmel Penggunaan Obat

Bintang Toedjoe Edukasi Pelajar SMAN 2 Aikmel
KOMIX SHOW: Suasana pelaksanaan KOMIX Show yang digelar produsen obat batuk KOMIX, kepada siswa SMAN 2 Aikmel, dalam rangka edukasi penggunaan obat bagi remaja dan pelajar. (JALAL/RADAR LOMBOK)

SELONG — Sebagai bentuk kepedulian PT Bintang Toedjoe kepada masyarakat Indonesia, khususnya NTB, sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat. Maka perusahaan yang memroduksi obat batuk KOMIX ini memberikan edukasi, bertajuk ”KOMIX Show” sehat harus pakai obat secara wajar. Edukasi khusus diberikan kepada para pelajar, dimana untuk di Lotim eduksi diberikan kepada 300 siswa SMAN 2 Aikmel Lotim, Sabtu lalu (28/10).

BACA JUGA :  Perkembangan Pendidikan Kota Mataram Signifikan

Pemberian edukasi terhadap kepedulian penggunaan obat dengan cara bijak, dilakukan sekaligus sebagai bentuk kepedulian kepada siswa, seiring maraknya penyalah gunaan obat-obatan selama ini. Demikian disampaikan oleh Perwakilan PT Bintang Toedjoe, Heru Setiyatmojo, selaku Area Manager Cabang Mataram.

“Banyak produk obat yang disalah gunakan dengan dosis tidak tepat. Melalui acara ini kami ajak dokter M Hairul Umam sebagai pembicara, untuk sosialisasi penggunaan obat,” jelas Heru seraya menjelaskan, jika ingin sehat, maka harus mengkonsumsi obat secara tepat dan wajar, sesuai dosis yang dibutuhkan.

Sementara dr Hairul kepada para siswa dan siswi menyampaikan, bahwa hendaknya setiap siswa harus mewaspadai penggunaan obat yang berlebihan.  Pemakaian obat seperti narkoba, zenith dan lainnya, sebenarnya termasuk dalam jenis obat untuk pengobatan. Akan tetapi pemakaian obat ini sering disalahgunakan. “Baik tidaknya sebuah obat tergantung dari pemakainya. Karena itu, konsumsilah obat secara wajar,” jelasnya.

Kesempatan tersebut, dia sekaligus memberikan tips sebelum membeli dan mengkonsumsi obat. ”Pertama lihat etiket pada kemasan untuk mengetahui apakah obat itu obat daftar G atau dijual bebas,” jelasnya seraya menyampaikan, harus juga diperhatikan tanggal kadaluarsanya.

Dia juga mengimbau agar menggunakan obat yang ada tanda daftar BPOM.  Selain itu hendaknya menggunakan indikasi sesuai dari penyakit, dan gunakan sesuai takaran.

Jika penggunaan obat tidak sesuai, maka akan bisa memengaruhi kerja organ tubuh lain. Disarankan agar hendaknya juga mengkonsumsi obat yang sudah terbukti khasiatnya.

Pada saat sesi tanya jawab, salah satu pertanyaan yang terlontar adalah selain sebagai obat batuk, apakah KOMIX mempunyai manfaat yang lain? Dijelaskan oleh dr Haerul, bahwa KOMIX juga bisa menurunkan demam, menghilangkan dahak, dan rasa gatal.

Pertanyaan lainnya terkait apa saja kelebihan obat batuk KOMIX dibandingkan dengan obat lain? Dijelaskan KOMIX memiliki beberapa kelebihan antara lain praktis dibawa kemana saja, karena ukuran tube yang mini. Disamping lebih aman dikonsumsi, karena terbuat dari bahan alami, dosis sekali minum tanpa harus membutuhkan sendok, serta harga terjangkau dari kompetitor dan kemasannya inovatif. “Jadi sudah jelas penggunaan obat secara wajar sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

”Acara KOMIX Show ini merupakan terobosan baru dalam mengedukasi masyarakat, terutama para remaja yang lebih sering menjadi pelaku penggunaan obat terlarang dan penggunaan obat secara berlebihan,” lanjut Lisa Dewi Purnama Sari, Owner dari EO CV Kusar.

Bahwa sasaran kegiatan ini memang dikhususkan bagi ramaja dan pelajar, khususnya usia SMA. Lisa menambahkan bahwa even sejenis ini pertama kali diadakan di NTB. Sebelumnya hanya berupa edukasi kesehatan di acara CFD yang diadakan setiap Minggu di Kota Mataram.

BACA JUGA :  Kepsek SMA/SMK akan Dimutasi Besar-Besaran

Dia menyambut gembira respon para pelajar terhadap even ini yang begitu antusias. ”Tanggapan yang bagus ini tidak lepas pula dari bantuan Kepala Sekolah, Bapak Usman M.Pd, beserta guru-guru dan para staf SMAN 2 Aikmel yang sangat support. Sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik,” imbuhnya.

Kedepan pihaknya berharap edukasi kesehatan seperti ini tidak hanya dilakukan di SMAN 2 Aikmel saja, akan  tetapi dapat juga diselenggarakan di seluruh SMA di Pulau Lombok. (lal/adv)