Bima-Dompu Tuan Rumah Porprov NTB Tahun 2022

PORPROV : Inilah momen saat Lalu Moh Zohri membawa obor sebagai tanda dimulainya Porprov NTB yang berlangsung di Pulau Lombok pada 2018 lalu. (DOK/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTB akhirnya ada titik terang. Pada rapat kerja provinsi (Rakerprov) yang di hadiri oleh seluruh Cabor dan KONI kabupaten/kota itu sepakat Porprov digelar November 2022.

“Ini sudah disepakati bersama dalam pembahasan komisi B yang dihadiri oleh seluruh anggota KONI NTB,” kata Ketua Komisi B Akhwan belum lama ini.

Dia menjelaskan, beberapa pertimbangan adalah pada 2023 dilaksanakan Pra-PON, sehingga Poprov harus dilaksanakan sebelum itu. Selain itu, jika dilaksanakan awal 2023 juga terbentur anggaran daerah yang belum bisa dieksekusi di awal tahun.

BACA JUGA :  Aska Juara 3 Kejurnas Balap Motor Piala Presiden

Untuk cabang olahraga yang dipertandingkan adalah cabor-cabor yang dilombakan pada PON Aceh-Sumatera Utara 2024. Kemudian untuk lokasi Porprov ditetapkan di tiga lokasi, yakni Dompu, Kabupaten Bima, dan Bima. Ini menjadikan Porprov yang pertama dengan tuan rumah bersama.

“Kita sesuaikan dengan PON. Agar juara Porprov bisa langsung masuk pelatda untuk persiapan PON,” paparnya.

Akhwan menjelaskan Komisi B juga menetapkan pelaksanaan Pelatda persiapan PON Aceh-Sumatera Utara dilaksanakan Mei 2022. Komposisi atlet yang akan menghuni Pelatda awal ini adalah atlet berprestasi di PON Papua. Selanjutnya akan ditambah dengan hasil Porprov dan Pra-PON.

BACA JUGA :  Mariati Berharap Tampil di ASEAN Games 2018

Ketua KONI NTB Andy Hadianto mengatakan, pihaknya mengapresiasi hasil yang sudah disepakati Komisi B. Hasil ini selanjutnya akan ditelaah oleh tim perumus untuk dibuatkan hasil yang final.

“Tapi ini yang jadi dasar. Tim perumus tidak akan melenceng jauh dari hasil Komisi B,” kata dia. (rie)