Bid Dokkes Polda NTB Periksa Kesehatan Personel Polri di Sumbawa Barat

KESEHATAN: Tim Bid Dokes Polda NTB ketika melakukan pemeriksaan kepada personel Polri di Polres Sumbawa Barat. (polda for radarlombok.co.id)

TALIWANG–Di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang merambah hampir seluruh negeri, Kamis (1/4/2021) pagi, Polres Sumbawa Barat melaksanakan chekup kesehatan lengkap, yang diberi label Pemeriksaan Kesehatan Lanjutan (Rikkesla) All Coverage.

Kapolres Sumbawa Barat Polda NTB, AKBP Herman Suriyono, S.I.K. mengungkapkan, sebagai pelayan, pelindung, dan pengayom masyarakat, personel Polri harus dipastikan kondisi kesehatannya.

“Pun sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019, red), Samapta Bhayangkara harus dipastikan tidak terpapar pandemi. Itulah kenapa tim medis dari Bid Dokkes (Bidang Kedokteran dan Kesehatan, red) Polda NTB, melakukan Rikkesla menyeluruh,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Polsek Alas Latih Linmas Sukseskan Kampung Sehat

Dikatakan, Rikkesla All Coverage dimulai pukul 08.00 Wita bertempat di Aula Endra Darmalaksana Polres Sumbawa Barat, diikuti oleh seluruh personel termasuk personel Kompi B Pelopor Sat Brimob.

“Tim medis dari Bid Dokkes Polda NTB sebanyak tiga orang ditambah tim medis khusus Venereal Disease atau VD sebanyak 18 orang,” ujar Kapolres.

Pamen Polri dengan dua melati itu menjelaskan, kehadiran tim medis khusus VD dimaksudkan untuk memastikan semua personel tidak terpapar dan atau terkena virus apapun, baik virus Corona maupun virus yang berhubungan dengan kelamin.

BACA JUGA :  MK Mulai Sidang, Polda NTB Siaga

“Sesuai dengan namanya Venereal Disease, kami ingin memastikan bahwa seluruh personel Polri yang ada di Sumbawa Barat, tidak terjangkit penyakit atau terinfeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit,” jelasnya.

Untuk diketahui, beberapa hal yang dilaksanakan dalam Rikkesla All Coverage itu antara lain pengambilan darah dan urine, pemeriksaan elektrokardiogram (aktivitas listrik jantung/EKG), rontgen (foto toraks), odontogram (pemeriksaan gigi), dan pemeriksaan treadmil (stress test).

“Jadi, pemeriksaan kesehatan ini sangat lengkap, sehingga pelaksanaannya berakhir sekitar pukul 14.00 Wita,” tutup Kapolres. (*/gt)