BI NTB Dorong Transaksi Digital Berbasis QRIS di WSBK Mandalika 2023

Sejumlah konsumen melakukan pembayaran dengan memanfaatkan layanan transaksi digital berbasis QRIS.

PRAYA – Setelah merampungkan seri pembuka di Phillip Island, jadwal World Super Bike (WSBK) 2023 selanjutnya adalah seri kedua di Mandalika, Indonesia. Jadwal WSBK Indonesia 2023 dilangsungkan di Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, tanggal 3-5 Maret 2023.

Gelaran event WSBK Indonesia 2023 semakin semarak dengan side event Nusantara Festival yang menghadirkan penampilan artis-artis lokal dan nasional kebanggaan Indonesia. Tak hanya itu, sebanyak kurang lebih 200 UMKM juga turut meramaikan area Lombok Sumbawa Fair yang menyuguhkan keberagaman budaya NTB berupa kerajinan, kuliner, maupun pertunjukan seni budaya lokal.

Guna mempermudah penonton dalam melakukan transaksi selama event berlangsung, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB berkolaborasi bersama PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin) untuk menerapkan transaksi non tunai 100 persen menggunakan QRIS.

Program kolaborasi ini merupakan gerakan 100% nontunai (100% cashless) pada event WSBK 2023 yang bertujuan untuk membantu program digitalisasi UMKM, serta melihat langsung dampak ekonomi & sosial kepada UMKM serta masyarakat lokal dari pergelaran event skala Internasional.

Baca Juga :  Bank Indonesia Dukung Industri Fesyen Muslim NTB Tembus Pasar Global

Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB Heru Saptaji mengatakan dengan slogan utamanya yang CEMUMUAH (Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal), QRIS hadir sebagai solusi pembayaran yang lebih praktis bagi masyarakat maupun merchant.

“Cukup dengan satu QR Code saja bisa melayani berbagai aplikasi pembayaran digital yang sudah mendapatkan izin di Indonesia,” ujar Heru.

Heru Saptaji menambahkan guna mendukung pencapaian target 45 juta pengguna dan 1 miliar transaksi QRIS secara Nasional di Tahun 2023, Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB juga terus melakukan kolaborasi dengan berbagai stakeholders lainnya, seperti Pemerintah Daerah, Perbankan, Perguruan Tinggi, dan berbagai Komunitas lainnya. Lebih lanjut, tak hanya melalui sosialisasi dan edukasi, BI NTB juga terus memperbanyak user experience QRIS di berbagai event-event strategis.

Baca Juga :  BI NTB Berikan Pelatihan Bagi 125 Petugas PPH Hewan Kurban Se Kota Mataram

Melalui kolaborasi ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan transaksi pembayaran digital berbasis QRIS kepada penonton dan UMKM yang berpartisipasi dalam event balap motor WSBK 2023, dan sebagai bagian literasi, sosialisasi dan pendampingan kepada UMKM dalam melakukan transaksi non-tunai berbasis QRIS.

“Dengan adanya kemudahan dalam bertransaksi, kami optimistis terjadi perputaran uang yang besar selama WSBK sehingga semakin menambah manfaat bagi ekonomi Provinsi NTB,” tutup Heru Saptaji.

Sementara itu, Direktur Utama Xplorin Gemma Pratama mengatakan layanan transaksi menggunakan QRIS penting dipersiapkan guna memberikan kemudahan bagi pengunjung terutama wisatawan asing yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia agar tetap bisa bertransaksi selama event berlangsung.

“Kami berharap dengan adanya Gerakan ini dapat mendorong peningkatan jumlah pengguna dan transaksi menggunakan layanan pembayaran non tunai/digital berbasis QRIS, khususnya di daerah NTB,” pungkasnya. (luk)

Komentar Anda