BI NTB Berikan Beasiswa 80 Mahasiswa

MATARAM – Pada tahun 2016 Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali memberikan beasiswa kepada 80 orang mahasiswa yang ada di dua perguruan tinggi negeri (PTN) di NTB. Kedua PTN tersebut adalah IAIN Mataram dan Unram masing-masing 40 mahasiswa.

Penyerahan beasiswa yang dikenal dengan sebutan Genbi (Generasi Baru Indonesia) itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama beasiswa antara BI NTB dengan IAIN Mataram, Kamis (9/6). Penandatanganan perjanjian kerjasama beasiswa BI NTB dengan IAIN Mataram itu dihadiri juga Kepala Dinas Dikpora Provinsi NTB, H. Muhammad Suruji dan citivitas akademik IAIN Mataram serta 40 mahasiswa IAIN Mataram selaku penerima dari beasiswa BI tersebut.

Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB, Priyono mengatakan, program beasiswa bagi mahasiwa di dua PTN di Provinsi NTB telah dimulai dari tahun 2009 dan sudah ratusan lulusan dari penerima beasiswa tersebut.  “Beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dari BI ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial dalam menyiapkan generasi baru yang lebih baik kedepannya,” kata Priyono.

Dikatakannya, program beasiswa tersebut setiap tahun dilakukan evaluasi. Jika ada mahasiswa penerima beasiswa tersebut, indek prestasi (IP) tidak sesuai dengan ketentuan atau menurun, maka akan dilakukan pergantian kepada mahasiswa yang lebih beprestasi dan membutuhkan.

“Kalau tidak ada peningkatan prestasi akademik, maka kami bisa ganti dengan yang lain,” jelas Priyono.

Sementara itu, Rektor IAIN Mataram, Dr . Mutawalli menyambut baik perhatian dari Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB yang terus memberi perhatian kepada mahasiswa IAIN Mataram melalui pemberian beasiswa sejak tahun 2009 hingga saat sekarang ini. “Perwakilan BI NTB telah membuktikan perhatiannya di dunia pendidikan NTB melalui program beasiswa ini,” ungkapnya.

Ia berharap tidak hanya dalam bentuk beasiswa kepada mahasiswa, namun kedepanya bisa juga memberikan perhatian terhadap sektor lainnya dalam kemajuan Provinsi NTB dalam bidang pendidikan.

Pada kesempatan itu, Kepala Perwakilan BI NTB juga membentuk perpustakaan ‘BI Corner’ yang di dalam perpustakaan kampus. Dalam ‘Pojok BI’ itu disiapkan berbagai koleksi berbagai judul buku terkait ekonomi, dua perangkat komputer, dan 1 tv . (luk)   

BACA JUGA :  Ikatan Mahasiswa Bima Gelar Parade Rimpu