BI NTB Bantu Peralatan Sablon Kelompok Pemuda KEK Mandalika

BANTUAN : Kepala Perwakilan BI NTB Heru Saptaji menyerahkan bantuan peralatan desaign grafis sablon kepada pemuda KEK Mandalika disaksikan juga Wabup Loteng H Nursiah, Rabu (4/1).

PRAYA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) memberikan perhatian serius dalam mengembangkan ekonomi di desa penyanggara Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah. Kantor Perwakilan BI NTB memberikan pelatihan, pendampingan hingga bantuan sarana produksi untuk sablon. Bahkan, BI NTB memberikan bantuan alat design grafis berupa laptop dan printer senilai Rp 34,8 juta.

Bantuan berupa alat desaign grafis untuk kelompok Sablon Mandalika diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BI NTB Heru Saptaji kepada Ketua Kelompok Sablon Mandalika Muhammad Zainuddin disaksikan juga oleh Wakil Bupati Lombok Tengah H Nursiah, Rabu (4/1).

Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB Heru Saptaji menyampaikan bahwa usaha sablon/merchandise yang dikelola oleh kelompok saat ini masih terdapat banyak ruang untuk peningkatan kualitas produk. Untuk mendukung peningkatan kualitas produk tersebut, sekitar awal bulan Februari 2023 mendatang, Kelompok Usaha Subsisten Mandalika Sablon akan diberikan pelatihan kembali bersama tenaga ahli desain terkemuka dari Provinsi Bali agar selanjutnya produk souvenir/marchandise yang diproduksi memiliki kualitas berstandar internasional. 

Baca Juga :  Bank Indonesia Dorong Optimisme dan Sinergi Dalam Pemulihan Ekonomi NTB

“BI NTB bersama Forum CSR NTB berkomitmen untuk terus mendorong kelompok usaha subsisten Mandalika Sablon agar mampu mengembangkan usahanya, serta berperan sebagai role model untuk pemuda-pemuda lainnya yang ada di Kabupaten Lombok Tengah khususnya yang berada di sekitar KEK Mandalika,” kata Heru Saptaji.

Oleh karena itu, lanjut Heru, pemberdayaan pemuda di KEK Mandalika melalui pelatihan ini menjadi sangat penting dilakukan tidak hanya untuk mendukung kesiapan masyarakat dalam menyambut event-event internasional yang akan datang, tetapi juga untuk mendukung terbukanya lapangan kerja yang lebih luas di NTB.

Baca Juga :  BI NTB Mulai Edarkan Uang Baru Tahun Emisi 2022

“Pemuda di NTB memiliki ruang yang besar untuk bisa menjadi  local champion dan cikal bakal pelaku ekonomi yang mampu berperan sebagai pelaku usaha tidak hanya sebagai penonton di daerahnya,” kata Heru.

Wakil Bupati Lombok Tengah H Nursiah menyampaikan terima kasih atas dukungan dari BI NTB dalam membangun ekonomi di Loteng. Bantuan dan sinergi dari BI NTB sangat bermanfaat dalam mengawal kemajuan berpikirnya pemuda di kawasan Mandalika.

“Dengan adanya program dari bantuan BI NTB ini, bisa meingkatkan kapasitas SDM para pemuda di lingkar KEK Mandalika, dan hasilnya bisa diuji kualitasnya. Bisa maju berpikir mereka, untuk mengembangkan ekonomi para pemuda,” katanya. (luk)

Komentar Anda