BI NTB Ajak UMKM Unggulan Bertransformasi Digital Marketing

EDUKASI : Para pelaku UMKM Unggulan BI NTB saat mengikuti program edukasi dan fasilitasi Onboarding.

MATARAM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB mengajak para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bertransformasi memanfaatkan ekosistem digital dalam memasarkan produk mereka.

Pasalnya, pemasaran berbasis digital sudah menjadi keharusan dalam memperluas pasar produk para pelaku UMKM di tengah era digitalisasi yang meluas di tengah masyarakat. Termasuk juga memanfaatkan peluang penjualan melalui e-commerce dan media sosial lainnya.

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan pemasaran berbasis digital, Kantor Perwakilan BI NTB mengadakan program edukasi dan fasilitasi Onboarding UMKM, dengan materi dan kurikulum yang meningkat dari tahun sebelumnya.

“Program Onboarding lanjutan ini diharapkan dapat mendorong

optimalisasi dan peningkatan kinerja pemasaran produk UMKM, baik di e-commerce maupun di media sosial,” kata Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB Akmaludin Suangkupon, Senin (8/5).

Baca Juga :  Penelitian KPJU Unggulan UMKM Bisa Jadi Acuan Pembangunan Daerah

Kegiatan tersebut dihadiri juga puluhan UMKM Unggulan yang tergabung dalam UMKM binaan KPw BI NTB sejak tahun 2018. Para pelaku UMKM ini memiliki usaha di bidang kuliner, kerajinan, wisata, pertanian, dan lainnya.

Akmal megatakan, bahwa program edukasi dan fasilitasi Onboarding UMKM akan berlanjut dengan tahap pendampingan dari narasumber yang berlangsung selama dua kali pertemuan virtual pada bulan Mei ini, serta secara khusus untuk mendukung kapabilitas UMKM. Selain itu, juga dilakukan sosialisasi penggunaan Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK) sebagai sarana pelaporan online secara berkala setiap bulan sampai dengan akhir tahun 2023.

Baca Juga :  Perkuat Sinergi Kendalikan Lonjakan Inflasi

Selama dua hari, para pelaku UMK difasilitasi untuk berdiskusi, sharing pengetahuan, dan informasi dengan narasumber yang kompeten di bidangnya. Dengan materi mulai dari teori hingga praktek pembuatan konten foto, banner, video untuk ditampilkan pada marketplace dan media sosial. Ada juga materi terkait customer relation management, hingga bagaimana membangun tim digital di dalam perusahaan.

“Dengan program edukasi dan fasilitasi Onboarding UMKM dapat memberikan pencerahan dan inspirasi NTB dalam memanfaatkan berbagai sarana, teknologi, dan inovasi dalam memperluas pemasaran produk dan meningkatkan penjualan di pasar digital,” harapnya. (luk)

Komentar Anda