BI Bersama BMPD NTB Peduli Korban Bencana Cuaca Ekstrem

IST/ RADAR LOMBOK PEDULI : Kepala BI NTB Heru Saptaji bersama perwakilan BMPD NTB menyerahkan bantuan untuk korban bencana cuaca ekstrem yang diterima oleh Wagub NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah, Kamis (29/12).

MATARAM – Bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah di NTB akibat cuaca ekstrem akhir tahun menyebabkan terjadinya banjir dan abrasi di kawasan pesisir pantai yang ada di NTB. Ratusan warga terdampak banjir dan abrasi akibat gelombang tinggi cuaca ekstrem belakangan ini terjadi mengungsi.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak bencana alam cuaca ekstrem di NTB, Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) NTB menyerahkan bantuan sebesar Rp 300 juta kepada Pemprov NTB yang diterima langsung oleh Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah, Kamis (29/12) di Pendopo Wagub NTB.

Wakil Gubernur NTB HjSitti Rohmi Djalilah menyambut baik dan berterima kasih kepada BI NTB dan BMPD yang telah menaruh perhatian dan kepedulian kepada masyarakat yang terdampak bencana alam.

Baca Juga :  Sambut Nataru, BI NTB Siapkan Uang Tunai Rp 1,64 Triliun

“Kami sangat mengapresiasi kepedulian ini. Nantinya bantuan ini akan kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk menangani kondisi emergency selama akhir tahun dan awal tahun depan bencana alam,” kata Wagub Rohmi.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB Heru Saptaji menyampaikan empati atas bencana alam yang terjadi akibat cuaca ekstrem beberapa hari belakangan ini. Bantuan yang disalurkan merupakan bentuk dari respon cepat Bank Indonesia Provinsi NTB untuk memberikan perhatian serta semangat berbagi.

“Alhamdulillah bersama dengan dukungan teman-teman lainnya kita dapat mengumpulkan bantuan senilai Rp 300 juta,” sebut Heru Saptaji.  

Heru merincikan bantuan senilai Rp 300 juta tersebut, diantaranya Rp 100 juta dalam bentuk uang tunai dan Rp 200 juta berupa barang, seperti selimut, terpal, makanan Siap saji (Mie Instan, Susu, Sarden, Abon, Biskuit, Oatmeal, Kecap, dan lain lainnya), Obat-obatan & Vitamin, minyak kayu putih, minyak telon, popok bayi, popok dewasa, pakaian dan kebutuhan lainnya.

Baca Juga :  NTB Butuh Forum Ekspor Perluas Pasar Luar Negeri

Ia menambahkan, berdasarkan berita di tiga hari kemarin, berawal dari 5 kabupaten terdampak, kini menjadi 10 kabupaten dengan pengungsi yang cukup banyak. Karena kebutuhan yang tinggi, BI NTB berkoordinasi dengan BPBD Provinsi NTB yang dalam dua hari ini dapat direspon dengan baik.

“Semoga semangat dan bantuan kami ini bisa turut meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak bencana akibat cuaca ekstrem akhir tahun,” harapnya. (luk)

Komentar Anda