Besok, Jokowi Resmikan PLTU Jeranjang

MATARAM –Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan kembali datang ke NTB.

Kali ini Jokowi akan berada di Pulau Lombok selama 2 hari mulai Jum’at besok (10/6) sampai hari Sabtu (11/6).Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB Yusron Hadi menyampaikan, Presiden Jokowi direncanakan akan meresmikan proyek  Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Unit 2 Jeranjang  di Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu mendatang.

Setelah meresmikan PLTU unit 2 Jeranjang, Presiden dan rombongan kemudian berangkat menuju BIL untuk melanjutkan perjalanan ke Denpasar, Bali. “Sebelum ke NTB Pak Jokowi ke Banten, setelah kita baru ke Denpasar. Semua agendanya soal listrik saja,” katanya.

BACA JUGA :  Perpanjangan Izin Masa Simpan Limbah PLTU Ditolak

Menurut Yurson, kehadiran Presiden Jokowi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, merupakan suatu kehormatan bagi daerah ini. Karena dengan kunjungan itu menandakan besarnya perhatian Presiden kepada NTB. "Apalagi kunjungan presden kali ini meresmikan PLTU unit 2 Jeranjang berkekuatan 2 X 25 megawatt," kata Yusron Hadi.

Pembangunan PLTU unit 2 Lombok (2 x 25 MW) ini merupakan Program Percepatan PLTU 10 ribu MW Tahap I, dibiayai oleh APLN. Pembangunan proyek ini dilakukan oleh PT Barata Indonesia (Persero) dengan sistem "turnkey" (EPC) sejak tahun 2009. Namun pembangunannya sempat terkatung-terkatung.

BACA JUGA :  TGB Dukung Jokowi Tanpa Embel-Embel

Nilai kontrak pembangunan PLTU ini terdiri dua bagian, yaitu sebesar 30,7 juta dolar AS dan  Rp 354,3 miliar. Dengan kedatangan Presiden, tentunya menjadi angin segar di tengah krisis listrik yang melanda NTB. (zwr)