Berkunjung ke Tiongkok, Wartawan Kenalkan Potensi Daerah

POTENSI: Ketua PWI NTB, yang juga wartawan senior Radar Lombok/radarlombok.co.id, H Sukisman Azmy, bersama salah satu pejabat Tiongkok, mempromosikan potensi daerah (NTB) ketika berkunjung ke Tiongkok. (sukisman azmy/radarlombok.co.id)

KEHADIRAN wartawan PWI dari 3 provinsi di Sunda Kecil, yakni Bali, NTB dan NTT ketika berkunjung ke Tiongkok, selama seminggu, 23 – 30 Agutsus 2019, atas undangan Konjen Tiongkok di Denpasar, Bali, dimanfaatkan sebagai duta daerah.

Sehingga setiap pertemuan dengan pejabat tinggi Tiongkok, dimanfaatkan untuk promosi daerah masing-masing. Baik itu promosi pariwisata maupun peluang investasi yang ada di 3 provinsi tersebut. “Untuk NTB, ditawarkan kunjungan ke berbagai obyek wisata di NTB. Demikian investasi di daerah pariwisata seperti pembangunan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, pembangunan kereta gantung di Sembalun, Global Hub di Lombok Utara, hingga penerbangan langsung, Lombok – Bejing,” kata H Sukisman Azmy, wartawan senior Radar Lombok/radarlombok.co.id, yang menjadi salah satu perserta berkunjung ke Tiongkok.

Dan ternyata, Hu Zhengyue, Wakil Ketua Hubungan Luar Negeri Tiongkok, sekaligus Ketua Hubungan Tiongkok Asia, menyambut baik rencana penerbangan langsung Lombok – Bejing tersebut. “Bahkan dia berjanji akan menyampaikan keinginan tersebut. Hal yang sama juga disampaikan saat diterima Konjen Tiongkok untuk Bali, NTB, dan NTT, Gou Haodong, ketika berkesempatan menerima kedatangan wartawan dari 3 provinsi di Nusara ini,” ujar Sukis.

Tiongkok lanjutnya, sangat menyadari hubungan baik kedua negara yang sudah terjalin sejak ratusan tahun yang lalu, sejak zaman kerajaan. Dan kini hubungan tersebut akan diupayakan dapat berjalan kembali, setelah Tiongkok membuka diri dengan dunia luar.

“Sayangnya brosur dan potensi daerah untuk pengembangan dan rencana investasi tidak ada yang terbawa. Sehingga meminta untuk diadakan seminar investasi, atau kunjungan investor ke daerah untuk melihat langsung potensi yang ada,” ujar Sukis.

Setiap pertemuan, masing-masing Ketua PWI mendapatkan jatah untuk mempromosikan daerahnya masing-masing. Dan kesempatan tersebut juga dimanfaatkan dengan baik. Meskipun diantara pejabat Tiongkok yang menemui tersebut, banyak yang belum sempat mengunjungi Indonesia.

“Namun demikian, beberapa pejabat penting sudah mengenal beberapa kota besar Indonesia, melalui kegiatan seminar dan kunjungan  kerja seperti ke Bali. Dan keberadaan NTB yang terletak di timur Bali pun mendapat respon positip. Terlebih tahun 2021 nanti, akan diresmikan sirkuit internasional MotoGP di KEK Mandalika,” pungkas Sukis. (kis)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid