Berkujung Ke Masjid Bersejarah Di Kota Mataram (Bagian 1)

Masjid Nurul Falah Simbol Keharmonisan Umat Beragama

Masjid Nurul Falah
Masjid Nurul Falah

Masjid Nurul Falah terletak di Jalan Umar Maya, Kelurahan Cakra Timur.  Masjid yang berusia cukup tua ini adalah symbol keharmonisan dan kerukunan umat beragama lantaran letaknya bersebelahan dengan Pura Meru.


SUDIRMAN-MATARAM


MOTO religius Kota Mataram langsung tersirat ketika masuk ke lokasi Masjid Nurul Falah. Masjid yang berlokasi di jalan Umar Maya, tepatnya disebelah timur pasar umum Cakranegara itu memiliki kandungan historis yang cukup panjang. Persinggungan dan pergulatannya di tengah-tengah perbedaan keyakinan beragama di Kota Mataram seolah kerap dijadikan rujukan.

Memasuki kawasan masjid ini, terlebih dahulu harus lorong kecil yang lebarnya sekitar  dua meter. Gang kecil ini jika diperhatikan bukanlah sebuah lorong istimewa. Lorong itu biasa-biasa saja. Temboknya di kiri kanan terbuat dari batu bata. Sedangkan lantai lorong dipasangi paping blok biasa.

Meski tampak tidak istimewa, jika jika dicermati, lorong ini sebetulnya memiliki kandungan h pelajaran besar bagi banyak orang. Di tengah sulitnya mempertemukan atau menyatukan perbedaan-perbedaan yang ada, masjid ini justru berdampingan dengan Pura Meru dan Pure Mayura.