Berburu Keindahan Air Terjun Mangku Sakti Desa Sajang Sembalun

Jalan Terjal Terobati Panorama Eksotis

Berburu Keindahan Air Terjun Mangku Sakti Desa Sajang Sembalun
INDAH: Inilah keindahan air terjun Mangku Sakti di Desa Sajang Kecamatan Sembalu Kabupaten Lombok Timur. (JANWARI IRWAN/RADAR LOMBOK)

Sembalun tak hanya dikenal dengan panorama dan suasana alamnya yang eksotis. Namun, wilayah kecamatan di Kabupaten Lombok Timur, ini juga menampilkan sejumlah fasilitas alam yang menakjubkan. Salah satunya air terjun Mangku Sakti di Desa Sajang Kecamatan Sembalun.


*JANWARI IRWAN – LOMBOK TIMUR*


WAJAR kemudian Sembalun dilabeli sebagai salah satu wisata halal bulan madu terbaik di dunia. Gugusan pegunungan yang indah dengan Rinjani sebagai magnet utama hanya menjadi salah satu bagian dari keindahan Sembalun. Yang kini sedang gencar diburu para pencinta keindahan alam adalah air terjun Mangku Sakti.

BACA JUGA: Menelusuri Potensi Wisata Sungai Jangkuk Kota Mataram

Belakangan ini, air terjun yang tersembunyi  di pedalaman Desa Sajang Kecamatan Sembalun ini ramai dibicarakan. Foto-foto air terjun ini pun banyak diunggah di media sosial. Itu karena keindahannya yang menakjubkan. Air terjun ini juga masih perawan. Alami dan belum mendapat banyak sentuhan. Baik oleh pemerintah maupun pengunjung. Itu karena untuk menuju lokasi air terjun ini dibutuhkan waktu berjam-jam. Bahkan dari Sembalun sekalipun, butuh waktu sejam lebih untuk menuju lokasi air terjun yang ada di kaki Gunung Rinjani ini.

Jika dari pusat pemerintahan Kantor Camat Sembalun, butuh sekitar 10 menit untuk menuju Desa Sajang. Tapi itu belum ke lokasi air terjunnya. Perjalanan sesungguhnya baru dimulai dari gerbang utama Desa Sajang menuju air terjun ini. Dari pintu utama, butuh waktu kurang lebih sejam. Yang menjadi persoalan adalah medan yang ditempuh.

Medan yang akan dilalui menuju lokasi air terjun ini tergolong ekstrem. Kendaraan roda empat tidak bisa masuk. Hanya kendaraan roda dua. Itu pun harus ekstra hati-hati. Jika tidak ingin motor pulang dalam keadaan remuk.