Bengkaung akan Punya Taman Trigona

TAMAN : Ekspose rencana pembangunan Taman Trigona (Trigona Park) Bengkaung di ruang Jayengrana Kantor Bupati Lombok Barat. (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat akan membangun  Taman Trigona (Trigona Park) di Desa Bengkaung Kecamatan Batulayar.  Tujuan dibangunnya Trigona Park ini untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki desa ini seperti wisata alam serta untuk memajukan perekonomian masyarakat. Bengkaung memang dikenal sebagai sentra madu trigona. “Fasilitas yang akan kita bangun sesuai masterplan kawasan Trigona Park seperti area parkir, kantor , loket, lapak dagang, musala, kolam renang dewasa, kolam anak-anak, tempat ganti pakaian, bak penampung air, area bermain anak, kamar mandi/WC umum, aula pertemuan, restoran, rumah pengelolaan madu trigona, area budidaya lebah trigona, area taman bunga, dan sumur bor,” ungkap konsultan perencana Dispar Lobar, Putu Eka Budhi S, saat ekspose rencana pembangunan Trigona Park di ruang Jayengrana kantor Bupati Lombok Barat, Kamis (24/2).

BACA JUGA :  Pemprov Dianggap Menganaktirikan Lobar

Sementara itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan, Trigona Park akan dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan nilai Rp 3,4 miliar. Anggaran yang tersedia sekarang Rp 1,2 miliar dengan memilah yang tepat mana yang harus didahulukan dan mana yang belum. “Jadi bisa kita pilah mana yang lebih prioritas dari anggaran Rp 1,2 miliar untuk dibangun sehingga nanti kalau ada anggaran lagi tinggal ditambahkan,” katanya.

BACA JUGA :  Umumkan Vaksinasi, Ternyata Vaksin Kosong

Dia juga menyebut Desa Bengkaung mulai tumbuh menjadi kawasan wisata. “ Saya mendapatkan informasi dari wisata Taman Langit saja rata-rata pendapatan Rp 30 juta perbulan masuk pajak ke daerah. Dan belum yang lain misalnya retribusi parkir bisa dimaksimalkan,” terangnya.

“Belum lagi kita berbicara lapangan pekerjaan dengan adanya Trigona Park dan ini sangat luar biasa untuk masyarakat kita. Mudah-mudahan dengan adanya Trigona Park menjadi magnet bagi masyarakat kita yang lain sehingga di sekitar lokasi ini tumbuh juga usaha-usaha penginapan,” tutupnya.(ami)