BEM Unham Gelar Peken Hamzanwadi Berbasis Digital Payment

Peken Hamzanwadi
Ketua Yayasan Pendidikan Hamzanwadi HM Djamaluddin bersama Ketua Panitia Junaidi.

SELONG – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Hamzanwadi menggelar Peken Hamzanwadi dengan tema revitalisasi bazar Ramadan berbasis digital payment sistem di GOR YPH PPD NWDI Pancor, Senin (18/4) dengan tujuan peningkatan literasi keuangan.

“Peningkatan literasi keuangan menjadi point penting dalam pembangunan daerah di era 4.0 ini melihat Lotim masih kurang masif ekosistem digital payment. Padahal gagasan Pemda Lombok Timur NTB tentang smartcity begitu bagus,” kata Ketua Panitia, Junaidi.

Karena itu, kata Junaidi, perlu peningkatan kualitas masyarakat tentang transformasi digital dan peningkatan literasi finance. Melihat fakta itu, BEM Universitas Hamzanwadi berusaha memberikan gagasan baru tentang edukasi dan aplikasi dalam pemanfaatan literasi keuangan di era digital ini.  Dengan mengusul tema revitalisasi bazar Ramadan berbasis digital payment system, event juga dihajatkan untuk pemulihan perekonomian di bulan suci  Ramadan yang sejak 2 tahun terdampak pandemi Covid-19.

BACA JUGA :  Kenalkan Start-Up, UNHAM Gandeng STIPark

Dengan konsep pemberdayaan dan peningkatan kesadaran, betapa pentingnya jiwa enterprenuer di era saat ini, maka pra-event Peken Hamzanwadi ini dilaksanakan selama sepekan dengan berbagai rangkaian kegiatanyang diikuti mahasiswa. Rangkaian kegiatan, seperti donor darah, webinar enterprenuer, sosialisasi digital payment dan launcing Foribis Hamzanwadi (Forum Bisnis), forbis menjadi sentral pemberdayaan produk – produk mahasiswa, bazar Ramadan yang di inisiasi BEM Universitas Hamzanwadi.

Event itu juga dirangkaikan dengan kegiatan, pameran produk UMKM & IKM, Islamic competation, sosialisasi keuangan, book fair, pameran teknologi, pasar murah, vaksinisasi, sosialisasi beasiswa dan banyak lagi hiburan yang bisa di nikmati di area acara yang bertepat di GOR YPH PPD NWDI pancor.

BACA JUGA :  Kemendikbudristek Sebut Pelaksanaan PKKM Unham Baik

Ketua Yayasan Pendidikan Hamzanwadi HM Djamaluddin menyambut baik agenda itu dan berharap melalui kegiatan ini mahasiswa bisa menjadi duta dalam rangka sosialisasi kondisi dan agenda pembangunan daerah. Karena itu, mahasiswa harus perperan aktif dalam transformasi digital.

“Peken Hamzanwadi ini begitu bagus, karena manjadi bagian dari instrumennya. Kami menyambut baik semua kegiatan mahasiswa sebabagai upaya pengembangan potensi yang bisa dikembangkan di masyarakat di sekitar,” ujarnya. (luk)