Rp 450 Juta untuk Beasiswa Mahasiswa dan Pemuda Berprestasi

Ilustrasi Beasiswa
Ilustrasi Beasiswa

TANJUNG – Bagi mahasiswa dan pemuda berprestasi di Kabupaten Lombok Utara (KLU) bisa mendapatkan beasiswa dari Pemkab setempat.

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) KLU meminta mahasiswa dan pemuda berprestasi ini mengajukan proposal permohonan bantuan beasiswa.“Kami persilakan kepada seluruh mahasiswa dan pemuda berprestasi yang berasal dari KLU agar segera mengajukan permohonan bantuan beasiswa ke Dikpora secepat mungkin,” terang Kepala Dinas  Dikpora KLU Suhrawardi didampingi Kabid Pemuda dan Olahraga Hasto kepada Radar Lombok, Senin kemarin (11/12).

BACA JUGA :  Sekolah Lima Hari Tidak Perlu Diperdebatkan

Beasiswa yang disediakan ini dalam bentuk uang dalam rangka meringankan beban biaya pendidikan bagi mahasiswa sarjana (S1) dan para pemuda yang memiliki prestasi diberbagai bidang. Bagi mahasiswa yang menempuh S1 akan memperoleh bantuan beasiswa sebesar Rp 10 juta, kemudian bagi pemuda yang berprestasi di bidang  olahraga di tingkat nasional meraih sebesar Rp 10 juta untuk juara satu, Rp 7 juta untuk juara dua dan Rp 5 juta untuk juara tiga. Sedangkan, yang mendapatkan prestasi tingkat provinsi, bagi juara satu mendapatkan bantuan sebesar Rp 5 juta, juara dua sebesar Rp 4 juta, dan juara tiga sebesar Rp 3 juta. “Kalau juara tingkat kabupaten sudah ada beasiswa lainnya, yaitu prestasi pelajar. Sedangkan, S2 dan S3 juga sudah melalui bidang perbantuan. Kalau bidang pemuda dan olahraga khusus S1 dan pemuda berprestasi,” jelasnya.

Dana yang disiapkan Dikpora KLU pada tahun ini sebesar Rp 450 juta. Beasiswa ini bisa didapatkan  asalkan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Jumlah penerima yang ditargetkan sebanyak 60 orang terdiri dari 30 penerima khusus mahasiswa S1 dan 30 pemuda berprestasi.  Adapun persyaratan yang harus dipenuhi bagi penerima beasiswa berprestasi diantaranya  pemuda atau mahasiswa tahun pelajaran 2016/2017 dengan pertimbangan  memiliki prestasi baik secara akademik ataupun non akademik. Prestasi ini  dibuktikan dengan surat keterangan, piagam dan bentuk lainnya yang sah. Prestasi lainnya yang sah (dipertimbangkan).

Kemudian, yang diusulkan merupakan pemuda hasil seleksi terbaik se-Kabupaten   Lombok Utara dan ditetapkan melalui surat penetapan Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Utara tentang calon penerima Beasiswa Bakat dan Prestasi yang selanjutkan disampaikan kepada Bupati Kabupaten Lombok Utara. Pemuda atau mahasiwa yang diusulkan tidak sedang menerima beasiswa  dari instansi atau lembaga   lain.

BACA JUGA :  Masyarakat Kembali Datangi Dikbud NTB

Selanjutnya, yang ingin mendapatkan bantuan beasiswa ini harus mengajukan permohonan permintaan bantuan beasiswa. Untuk mahasiswa tercatat sebagai warga Kabupaten Lombok Utara  dengan melampikan foto cofy KTP dan KK. Memiliki KHS semester ganjil dan genap tahun 2017 dengan ketentuan minimal IP 3,50 di PTN/PTS. Perguruan Tinggi tempat Kuliah minimal terakreditasi C. Mahasiswa masih aktif  yang dibuktikan foto copy kartu mahasiswa dan kartu hasil study terakhir).

Bagi pemuda yang berprestasi olahraga atau prestasi lainnya menyerahkan foto copy sertifikat dan menunjukan aslinya. Menulis essay 500 sampai 700 kata dengan tema : “Kontribusiku  pada Kabupaten Lombok Utara”: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat (lembaga/instansi/profesi komunitas). “Semua persyaratan tersebut harus diserahkan selambat-lambatnya tanggal 15 Desember 2017 ke kami,” pungkasnya.(flo)