Bau Nyale seraya Perkenalkan Pantai Dondon

Bau Nyale seraya Perkenalkan Pantai Dondon
BUKA: Wabup L Pathul Bahri membuka kegiatan bulan pesona bau nyale dan launching pantai Dondon yang dilaksanakan Blok Pujut, Senin malam (5/2). (M Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYA – Masyarakat Dusun Batu Pedang Desa Mertak Kecamatan Pujut melauncing wisata  pantai Dondon. Peresmian itu dibuka langsung Wakil Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri saat menghadiri pembukaan bulan pesona Bau Nyale yang dilaksanakan Blok Pujut, Senin malam (5/1).

Dalam kesempatan itu, Pathul menyampaikan kepada masyarakat bahwa destinasi wisata di Lombok Tengah semakin hari kian berkembang. Terlebih, saat ini juga keberadaan KEK Mandalika menjadi prioritas pembangunan pemerintah pusat. “Untuk itu perayaan bau nyale yang sudah lama menjadi tradisi kita ini jangan terkotak-kotak,’’ imbuh Pathul memberikan sambutan.

Pathul menembahkan, pemda akan mencoba ke depan memenuhi berbagai fasilitas di Pantai Dondon itu. Terlebih, kondisi saat ini banyak sekali kekuranganya. Seperti infrastruktur jalan yang tidak layak dan tidak adanya perlengkapan lain di tempat itu. “Ke depan kita akan  pikirkan bersama terkait hal apa yang harus kita lakukan dalam memajukan pariwisata, termasuk di luar kawasan ekonomi khusus kita,” katanya.

Kepala Desa Mertak H Lalu Bangun  menyampaikan, pantai Dondon memang memiliki potensi dan keunikan tersendiri. Terdapat hamparan pasir putih dengan panjang lebih dari 2 km menambah kesan indah pantai itu. Sehingga pesona pantai Dondon tidak kalah menarik dengan pantai lainnya di Lombok Tengah. “Keindahan kawasan selatan semua menarik dan memiliki keunikan tersendiri. Kalau di situ ada pasir merica, di sini juga ada. Untuk itu, dalam kesempatan ini selain kami melaksanakan kegiatan bau nyale maka kami manfaatkan juga untuk melauncing destinasi wisata yang ada di daerah kami ini,” cetusnya sambil menunjuk ke arah pantai.

BACA JUGA :  Catat, Ini Tanggal Acara Puncak Bau Nyale 2018 di Lombok Timur

Dijelaskanya, ada beberapa potensi menarik lainnya di Desa Mertak. Seperti pantai Bumbang dan TWA Gunung Tunak dengan segela keindahannya. Dengan bermunculannya potensi pariwisata baru ini,  menjadikan wisatawan pasti memiliki pilihan berbeda. Terlebih jika melihat di pantai lain sudah terlalu ramai. ”Ke depan kami akan coba memberikan fasilitas memadai di wisata yang baru kami launcing ini,” janjinya.

Pihaknya akan tetap mendorong masyarakat, terutama pemuda untuk mengembangkan potensi ini. Sehingga nantinya bisa menjadi daya tarik tersendiri. Selain terus mendorong pemerintah kabupaten untuk bisa membantu, pemdes bersama masyarakat akan terus berupaya membenahi dan menambah fasilitas yang dibutuhkan.  “Kita tetap akan berupaya maksimal dan ke depan kita akan kemas lebih baik lagi,” katanya.

Senada juga disampaikan Ketua Blok Pujut Rata Wijaya, pelaksanaan bau nyale yang dilakukan kelompok masyarakat di Kecamatan Pujut ini sengaja dipadukan dengan peresmian lokasi wisata baru di tempat itu. Karena melihat keindahan pantai Dondon sangat layak untuk dikunjungi wisatawan. “Selain untuk mempertahankan tradisi nenek moyang kita untuk bau nyale, namun tidak lupa sebagai wadah untuk memperkenalkan destinasi wisata kita yang kian berkembang sebagai penunjang keberadaan KEK Mandalika saat ini,” katanya.

Pantauan Radar Lombok, tampak terlihat berbagai hiburan diadakan panitia untuk menunggu kedatangan nyale. Ratusan masyarakat juga sangat antusias untuk menikmati malam bau nyale di lokasi wisata baru itu. (cr-met)

loading...