Batu Layar dan Senggigi Ditetapkan Sebagai Kawasan Rawan Bencana

Rawan Bencana
TINJAU ALAT : Pjs Bupati Lobar H. Lalu Saswadi meninjau alat utama penyelematan Basarnas Mataram kemarin. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Badan SAR Nasional (Basarnas) Mataram mempetakan lokasi rawan bencana di Lombok Barat. Kawasan yang rawan bencana di Lombok Barat yakni Batu Layar dan Senggigi baik untuk darat maupun bencana perairan.” Kawasan Batu Layar dan Senggigi itu rawan bencana,” kata Kepala Basarnas Mataram I Wayan Sidakarya kepada wartawan saat ditemui kemarin (26/3)

Dijelaskan, cuaca yang tidak menentu membuat kondisi di kawasan tersebut tidak menentu. Selain Senggigi dan Batu Layar, potensi lainnya juga terjadi di kawasan perairan Sekotong dan kawasan pesisir lainnya. Dalam bekerja Basarnas tidak bisa sendiri tanpa dukungan instansi pemerintah dan masyarakat dalam setiap operasi, seperti pencarian dan pertolongan korban.”“Basarnas dengan Pemprov dan Pemkab Lombok Barat bersepakat dapat menjalin kerjasama dalam menyiapkan sumber daya manusia melalui pelatihan ini karena hal tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab Basarnas,” jelasnya.

Dalam Undang-undang Nomor 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan disebutkan bahwa Basarnas merupakan instansi pemerintah yang berkompeten di bidang pencarian dan pertolongan.  “Kita sebagai sebagai leading sector dalam upaya pencarian dan pertolongan di Indonesia. Dan melalui pelatihan ini, diharapkan akan terciptakan sumber daya manusia yang handal dan profesional sehingga pada saat terjadi kecelakaan dimanapun dan kapanpun diharapkan bagi peserta kegiatan pelatihan ini,  dapat mengaplikasikan baik ditempat tugas, maupun di tempat tinggal,” ungkapnya.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut