Basarnas Hentikan Pencarian Nelayan Lotim yang Dilaporkan Hilang

KONFIRMASI: Personel SAR mengonfirmasi keluarga untuk memastikan nelayan atas nama Sulasa dalam keadaan selamat. (IST/RADAR LOMBOK)

SELONG–Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mataram menghentikan pencarian nelayan atas nama Sulasa (53) asal Sandubaya Timur, Labuhan Lombok, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur (Lotim). Sulasa sempat dilaporkan hilang oleh keluarga di Lotim saat melaut ke arah Perairan Pulau Panjang.

Penghentian pencarian dilakukan karena sudah ada konfirmasi dari keluarga bahwa Sulasa dalam kondisi sehat; sedang berada di Desa Labuhan Sangoro, Kecamatan Maronge, Sumbawa. “Pukul 16.00 WITA kami menerima laporan bahwa nelayan yang dicari sejak kemarin (Rabu) sedang berada di rumah keluarganya dalam keadaan selamat,” kata Kepala Basarnas Mataram Nanang Sigit PH, Kamis (21/1/2021).

Sebelumnya, Tim SAR Gabungan dari Pos SAR Kayangan, Polairud Polda NTB, TNI, dibantu nelayan dan unsur lainnya melakukan pencarian. Sulasa pergi melaut dengan menggunakan perahu ketinting menuju perairan Gili Sulat-Lawang, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Sabtu (16/1/2021) pukul 21.00 WITA. Keesokan harinya, salah seorang kerabat melihat Sulasa menuju ke arah Pulau Panjang. Hingga Rabu (20/1/2021) Sulasa tidak kunjung pulang, akhirnya pihak keluarga melaporkan kejadian tersebut ke Sat Polairud Polres Lotim dan diteruskan ke Basarnas Mataram.

Tim SAR gabungan pun sempat melakukan pencarian di perairan Gili Sulat dan wilayah sekitarnya menggunakan Rigit Inflatable Boat, Speed Boat dan perahu nelayan. (sal)