Baru Satu Puskesmas Terakreditasi

MATARAM – Dari enam Puskesmas yang diakreditasi, tercatat baru satu Puskesmas yang akreditasinya keluar yakni Puskesmas Karang Pule berdasarkan hasil survei bulan Juni lalu.

Sedangkan dua Puskesmas yang juga sudah disurvei belum keluar hasilnya yakni Puskesmas Tanjung Karang dan Puskesmas Karang Taliwang. “ Yang sudah keluar itu Puskesmas Karang Pule. Hasilnya bagus untuk akreditasi tingkat pertama,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram H. Usman Hadi kemarin.

Tiga Puskesmas yang belum disurvei dan saat ini sedang persiapan yakni Puskesmas Mataram, Puskesmas Dasan Agung dan Puskesmas Ampenan Pejeruk.” Yang tiga ini akan segera disurvei,” tegasnya.

Setelah diakreditasi, tentu grade Puskesmas itu akan naik terutama dari segi kualitas pelayanan. Karena tujuan utama pelaksanaan akreditasi adalah untuk pembinaan peningkatan mutu dan kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan dalam sistem manajemen pelayanan kesehatan. Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang pertama yang paling bawah.” Kalau sudah diakreditasi tentu akan mendapatkan sertifikat,” terangnya.

Menteri Kesehatan juga sudah menegaskan supaya pada tahun 2016 ini semua Puskesmas yang ada di Indonesia sudah diakreditasi. Sedangkan di Mataram sampai saat ini baru satu Puskesmas yang keluar hasilnya. Dikes berusaha agar semua Puskesmas sudah terakreditasi hingga akhir tahun ini.

Pelaksana akreditasi adalah Kantor Akreditasi Negara (KAN).” Kita tidak ikut. Yang menilai dari luar,” tegasnya.

Kepala Puskesmas Mataram H. Turmuzi mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan untuk akreditasi yang rencananya akan dilakukan bulan September.” Kita sudah siap untuk akreditasi dan dijadwalkan bulan September survei,” tegasnya kemarin.

Sebagai bentuk persiapan, pihaknya sudah melakukan survei ke tiga Puskesmas yang sudah lebih dahulu diakreditasi sebagai pertimbangan untuk melakuka perbaikan. Selain itu pihaknya juga melakukan persiapan laporan-laporan dan peningkatan kualitas pelayananan kepada masyarakat.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid