Baru 64 Cakep Kantongi Sertifikat

ILUSTRASI CALON KEPALA SEKOLAH

MATARAM—Dari banyak Calon Kepala Sekolah (Cakep) di NTB, baru 64 diantaranya yang sudah mengantongi sertifikat.

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kepegawaian (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, H. aidy Furqon mengatakan, jumlah ini nantinya akan ditambahkan dengan kegiatan seleksi yang sudah berlangsung. Dimana peserta yang ikut sekitar 104 orang.

“Cakep kita yang siap gantikan Kepsek yang kurang bagus kinerjanya baru 64 orang,” kata, Rabu (26/7).

Cakep sebanyak 64 orang itu disebutnya merupakan kandidat kepala yang siap sewaktu-waktu menggantikan Kepsek yang melanggar aturan dan kinerjanya kurang bagus. Namun berdasarkan jumlah itu, dia mengaku jumlah Cakep tersebut masih terbilang cukup minim untuk ukuran NTB.

Kekurangan itu, sambungnya, lantaran sekolah di NTB begitu banyak. Baik itu SMA, SMK dan SLB. Hal ini kemudian yang menjadi antisipasinya untuk menyiapkan Cakep yang bersertifikat lebih banyak.

Karena masih kurang, pihaknya kembali mengadakan sleksi yang diikuti oleh sekitar 104 orang. Pada seleksi itu pihaknya menyeleksi peserta dengan sangat selekstif. Harapannya, pada seleksi itu banyak juga Cakep yang memiliki kualitas dan integritas bagus.

Aidy menambahkan, Cakep sebanyak 64 orang itu masih dicocokan dengan jumlah sekolah yang ada di NTB. “Ini kan untuk persiapan Cakep untuk seluruh sekolah di NTB, makanya kita butuhkan kuota yang banyak,” tutupnya. (cr-rie)