Banyak Prestasi Pemkab Lotim di HUT ke-64

PERINGATI : Upacara peringatan HUT Kabupaten Lombok Timur ke-64 bertempat di lapangan Tugu Selong kemarin. (M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG –  Pemkab Lombok Timur memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lombok Timur yang ke-64 kemarin. Peringatan ditandai dengan pelaksanaan apel bertempat di Taman Tugu Selong. Perayaan HUT Kabupaten Lombok Timur tahun ini digelar secara sederhana namun sarat makna. 

Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy bertindak sebagai inspektur upacara. Apel juga dihadiri oleh Wakil Bupati H. Rumaksi, Sekda HM. Juaini , pimpinan OPD, pimpinan dewan, pimpinan OPD termasuk juga tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy menyampaikan   sejarah terbentuknya Kabupaten Lombok Timur mengacu Undang-Undang nomor 69 tahun 1958 tentang pembentukan daerah-daerah tingkat II dalam wilayah daerah-daerah tingkat I Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Dasar ini diteguhkan pada lambang daerah Lombok Timur yaitu kapas sebanyak 27 tangkai,12 gigi roda, dan 58 butir padi.”Selain motto Patuh Karya, lambang daerah tersebut juga menyimpan cita-cita dan kearifan masyarakat Lombok Timur. Misalnya saja padi dan kapas sebagai lambang kesejahteraan,” bebernya.

Sedangkan simbol roda bergerigi merupakan lambang usaha pemerintah dan masyarakat Lombok Timur yang tidak henti-hentinya mencapai masyarakat adil dan makmur.

Selanjutnya lambang tugu bertangga lima tingkat mengandung makna   semangat dan perjuangan masyarakat Lombok Timur membela dan mengisi kemerdekaan.”Berikutnya lambang gunung dan asap bermakna  mewakili kebesaran jiwa membangun untuk kejayaan serta jiwa yang dinamis. Begitu pun bunga teratai bersegi lima yang melambangkan kesucian. Sedangkan perisai segi lima berwarna kuning hitam yang menjadi lambang seni dan budaya  masyarakat Lombok Timur,” jelas Sukiman.

Baca Juga :  Guru Honor di Lotim Tuntut Diangkat Jadi P3K

Di momen bahagia itu ia ingin merayakan berbagai keberhasilan yang telah diraih meski dengan cara sederhana. “Bukan sekadar berbangga hati tanpa berupaya melakukan refleksi, melainkan sebagai wujud penghargaan, motivasi, dan dukungan atas usaha yang telah dilakukan bersama maupun sendiri,” imbuhnya.

Sukiman tak menampik selama empat tahun kepemimpinannya bersama H. Rumaksi telah banyak keberhasilan dan prestasi yang telah ditoreh.  Salah satunya adalah keberhasilan memperbaiki peringkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari posisi 8 menjadi peringkat 7. Berdasarkan rilis BPS NTB 6 Desember lalu Lombok Timur bergerak dari angka 66,66 menjadi 67,59 atau 0,02 poin di atas Kabupaten Lombok Tengah.

Di tengah keterbatasan, Lombok Timur berhasil memperoleh sertifikat eliminasi malaria, Kabupaten Layak Anak Pratama, Juara II Penilaian Kinerja kabupaten/kota pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting, Anugerah NTB Gemilang Award sebagai Kabupaten Pembina Desa Wisata Terbaik, Desa Kumbang meraih peringkat ke-3 Desa Anti Korupsi, dan prestasi-prestasi lainnya, termasuk keberhasilan menyelenggarakan berbagai event berskala lokal, provinsi maupun internasional yang menggerakkan perekonomian masyarakat.”Kendati demikian, masih banyak yang harus dibenahi, seperti usia harapan hidup setelah lahir (UHH) dan sejumlah persoalan lainnya ” terang Sukiman.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Penimbun Pupuk Subsidi

Sukiman mengajak seluruh elemen masyarakat Lombok Timur untuk meriri (berbenah) di sisa masa pemerintahan kurang dari setahun ke depan. Terutama bagaimana   menguatkan sinergisitas sesuai tema peringatan HUT Kabupaten Lombok Timur ke-64 “Bersinergi untuk mewujudkan Lombok Timur yang adil, sejahtera, dan aman”.

Kegiatan tersebut ditutup dengan
penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkab Lombok Timur   dengan BPJS Kesehatan terkait optimalisasi program jaminan kesehatan nasional dengan semua rumah sakit Pemkab Lombok Timur. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan piagam Penghargaan Perpusnas RI kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lotim, penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak RI diberikan kepada Perpus Umum Lotim sebagai peringkat Madya dalam Standarisasi Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA), penyerahan Anugerah Pariwisata Lotim Tahun 2022 secara simbolis, penyerahan penghargaan di bidang kesehatan. 

Penghargaan itu diberikan kepada 100 orang yang dinilai berjasa membangun dan memajukan Lombok Timur di berbagai bidang.(lie)

Komentar Anda