Banyak Perusahaan Amerika akan Berinvestasi di NTB

Banyak Perusahaan Amerika akan Berinvestasi di NTB
MENARIK INVESTASI : Kedatangan Dubes AS, Joseph R. Donovan Jr ke NTB membawa angin segar untuk kemajuan investasi kedepannya. Nampak Dubes AS, Joseph R. Donovan Jr diajak gubernur melihat Islamic Center. (AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Kedatangan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Republik Indonesia (RI), Joseph R Donovan Jr membawa angin segar bagi kemajuan Provinsi NTB.

Dia akan membantu investasi NTB. Menurut Donovan, situasi dan kondisi Provinsi NTB sangat menguntungkan untuk dunia investasi. Apalagi didukung dengan berbagai potensi yang dimiliki NTB. “Banyak sekali peluang-peluang investasi di NTB setelah saya berkunjung kesini,” ucapnya saat sesi wawancara dengan wartawan di Islamic Center, Selasa kemarin (16/5).

Menurutnya, peran Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia bukan hanya membangun kerja sama dengan Pemerintah Indonesia secara resmi saja. Namun banyak hal yang bisa dilakukan, termasuk untuk NTB.

Disampaikan, kedubes bisa memberikan nasehat dan pengarahan kepada perusahaan-perusahaan Amerika mengenai peluang investasi di Indonesia. “Peran kedubes di Indonesia ada dua, yaitu memberikan nasehat kepada perusahaan-perusahaan soal peluang di Indonesia, dan kedua Kedubes bekerja sama dengan Indonesia dalam membatasi perdagangan,” terang Donovan.

Banyaknya potensi yang dimiliki NTB, akan membuat banyak perusahaan Amerika Serikat tertarik untuk berinvestasi. Terutama perusahaan  yang bergerak di bidang perhotelan, sehingga bisa menambah pembangunan hotel di wilayah Senggigi dan sekitarnya.

Selain itu, Donovan menyebut banyak wisatawan Amerika yang ingin berkunjung ke NTB. Hal ini disebabkan keindahan alam yang dimiliki NTB sungguh luar biasa. Sehingga akan membantu juga dalam mendukung perusahaan Amerika berinvestasi di NTB.

Dalam kesempatan tersebut juga diungkapkan, Provinsi NTB dipilih sebagai tempat perayaan hari kemerdekaan Amerika Serikat, karena tidak ada lagi tempat lain yang lebih baik. “Alasan perayaan hari kemerdekaan Amerika di Lombok, karena disinilah tempat terbaik,” tegasnya.

Sementara itu, Konjen Bidang Politik dan Ekonomi Kedubes AS, Jett Thomason saat dimintai keterangannya mengungkapkan, telah ada beberapa perusahaan Amerika yang tertarik untuk berinvestasi di NTB. “Sebelumnya kan ada Newmont di Sumbawa, itu kan perusahaan Amerika,” ujarnya.

Untuk perusahaan-perusahaan baru yang akan berinvestasi di NTB, lokasinya berada di Mandalika Resort. Perusahaan tersebut bergerak di bidang perhotelan, pariwisata, perikanan dan lain sebagainya. “Kami menilai NTB ini aman dan nyaman,” katanya.

Terpisah, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi mengakui jika beberapa perusahaan asal AS telah berminat berinvestasi di NTB. “Ada bebeapa perusahaan Amerika untuk bangun hotel di Mandalika. Kedatangan beliau (Dubes – red), tentu bisa lebih memudahkan investasi disini,” ucapnya.

Kedatangan Kedubes AS ke NTB, bagi gubernur menunjukkan bahwa NTB saat ini sudah dipandang baik dan kondusif. Para pejabat negara tersebut tentunya tidak mungkin akan menyelenggarakan sebuah acara di NTB jika tidak dianggap aman, friendly dan bersahabat.

Gubernur sendiri tentunya berharap investasi yang masuk ke NTB semakin besar. Dengan begitu, lapangan kerja bisa semakin banyak terbuka. “Ini membutuhkan kerjasama kita semua, mari jaga keamanan dan kondusifitas NTB,” tandasnya. (zwr)