Banyak Operator Sampah Langgar Aturan

Banyak Operator Sampah Langgar Aturan
SAMPAH : Inilah kondisi depo sampah di Pagutan depan Perumahan Aura Mutiara. Sampah berasal dari beberapa wilayah seperti daerah Gebang sampai Pagutan Timur. (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM – Pihak Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram menemukan banyak operator roda tiga khusus sampah melanggar aturan saat mengangkut sampah. Seperti beberapa temuan, operator banyak membuang sampah di kontainer pasar. Seperti kejadian di Pasar Cemare di Jalan Ade Irma serta di depo sampah Pagutan depan Perumahan Aura Mutiara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Mataram, Irwan Rahadi mengatakan, banyak operator yang melanggar aturan membuang sampah. Padahal sudah ditentukan sesuai wilayah dan depo sampah yang tersedia. “ Kita temukan banyak yang membuang ke wilayah yang salah,” katanya Senin kemarin (17/7).

Seperti operator roda tiga di Pagesangan banyak membuang sampah ke depo di Karang Pule. Bahkan ke beberapa TPS ilegal. Petugas kebersihan kerap bermain kucing-kucingan dengan oknum yang membuang sampah di sembarang tempat.

Untuk keberadaan depo, mantan Camat Selaparang ini menganggap masih kurang sehingga diterapkan sistem langsung angkut dari kendaraan roda tiga ke kontainer.

Pihaknya mengalami kendala untuk pengadaan lokasi depo sampah. Selain karena  harga lahan yang terlalu mahal juga kepadatan penduduk. Sehingga depo sampah yang telah tersedia telah dimaksimalkan salah satunya lewat sistem pengangkutan dari depo ke TPA Kebon Kongok yang lebih dipercepat.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Lalu Alwan Basri meminta kontainer sampah di beberapa pasar seperti di Pasar Cemare dan Pasar Pagesangan ditambah oleh dinas terkait sehingga sampah tidak menumpuk.  Petugas kebersihan telah dimaksimalkan sehingga dibutuhkan pendukung seperti kontainer. “ Jangan sampai sampah di pasar ditambah lagi dengan pasar dari luar. Sehingga menumpuk di satu tempat,’’ katanya.(dir)