Banyak Nakes Terpapar, Layanan RS Terganggu

dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A (Faisal Haris/radarlombok.co.id)

MATARAM – Asisten III Setda NTB, dr Hj Nurhandini Eka Dewi menyampaikan bahwa saat ini jumlah tenaga kesehatan (nakes) terkonfirmasi positif di NTB meningkat. “Ya meningkat sekarang ini nakes kita yang positif Covid-19,” ujarnya, Jumat (30/7).

Dengan terjadinya peningkatan tersebut, sambungnya Eka, cukup memengaruhi layanan di setiap rumah sakit nakesnya terkonfirmasi positif. “Ya jelas memengaruhi, pelayanan tidak bisa maksimal. Walaupun kita tidak tutup (RS) tetapi untuk layanan di poli yang tidak banyak pasien dijadikan satu layanan untuk menyiasati,” akunya.

Meski tidak bisa menyebutkan jumlah angka kasus nakes yang positif Covid secara detail, namun sejak Mei 2021 lalu hingga saat ini terjadi meningkatan yang cukup signifikan. Meski pada awal tahun 2021 kasus nakes positif menurun pasca terjadi lonjakan pada Desember 2020 lalu. “Kita belum bisa bandingkan berapa persentase jumlah pasien nakes sekarang ini. Karena belum menghitung,” katanya.

BACA JUGA :  Polda Tak Ingin Gegabah Tindak Tambang Ilegal di Sekotong

Peningkatan kasus nakes positif, lanjutnya, sangat dipengaruhi karena jumlah kasus terjadi setiap hari yang cukup tinggi setiap hari ditambah dengan ditemukan varian baru Covid jenis delta . “Ya bagaimana tidak meningkat, nakes kita kecapaian ditambah ketemu dengan pasien varian baru delta,” ucapnya.

Untuk itu, kata Eka sangat perlu untuk dipercepat pelaksanaan vaksinasi booster untuk tenaga kesehatan. Meski hingga saat ini pihaknya masih menunggu pengiriman dari pemerintah pusat. “Ya sangat perlu dipercapat dan sekarang kelihatannya sudah mau dikirim dari pusat untuk kita khusus untuk nakes,” katanya.

Di tempat terpisah, Humas Dikes Provinsi NTB, Romy Hidayat yang dikonfirmasi soal data jumlah nakes positif Covid hingga saat ini tidak bisa menyebutkan. Pasalnya tidak memiliki data di Dikes soal jumlah kasus nakes positif. “Sudah tidak ada update data nakes yang positif Covid. Sudah ndak direkap lagi di Dikes,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Waspada 11 Bencana Rutin NTB

Kepala Dikes NTB, dr H Lalu Hamzi Fikiri juga tidak bisa menyampaikan soal data jumlah nakes yang positif. Meski sudah berapa kali dikonfirmasi soal tersebut. Malah yang disampaikan data jumlah kasus secara umum yang setiap hari diupdate perkembangannya oleh gugus tugas penanganan Covid-19 provinsi yang dihimpun data oleh Dikes. “Jumlah kasus positif di NTB sampai 29 Juli 2021 sebanyak 19.663 orang, yang sudah sembuh 16.907 orang, meninggal dunia 681 orang dan masih positif sebanyak 2.075 orang,” ungkapnya. (sal)