Banyak Event, Ekonomi Warga Terdongkrak

MUTIARA : Perajin mutiara menjajakan barang dagangan mereka di Jalan Udayana kemarin dengan menyasar peserta TTG kemarin (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM– Kota Mataram mulai ramai oleh berbagai macam event baik yang berskala lokal, nasional, bahkan internasional. Banyaknya event dimana Kota Mataram menjadi tuan rumah diklaim berhasil mendongkrak perekonomian warga kelas menengah ke bawah. Misalnya saja, karena banyaknya tamu yang datang menghadiri event yang digelar di Mataram, sektor kerajinan dan UMKM menjadi hidup. Para tamu biasanya berburu cinderamata begitu selesai mengikuti kegiatan.

Salah satu event yang digelar saat ini adalah Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional yang dibuka Rabu (23/11). Di acara ini, para peserta menyerbu pusat kuliner dan menguntungkan para pedagang kecil.

Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh melihat semakin banyak event maka semakin meningkatkan perekonomian warga.” Tamu kita banyak di Mataram. Kuliner dan oleh-oleh banyak terjual,” kata Ahyar usai menghadiri pembukaan TTG kemarin.

Ia menjelaskan, tidak hanya warga kecil, yang kecipratan rizki besar dari banyaknya event adalah pihak hotel dan restoran. “ Kita berharap saja semakin banyak event nasional yang dilaksanakan di Mataram,” harapnya.

Pada pameran TTG kali ini, Pemkot menampikan sejumlah hasil produksi tepat guna warga seperti pengolahan emas dan mutiara dan pengolahan makanan. Kedepannya ketika masyarakat membutuhkan sentuhan dari pemerintah terhadap pengembangan hasil temuan, Pemerintah siap memfasilitasi dan memberikan dukungan.” Kita menampikan beberapa inovasi terutama untuk industri kecil yang ada di Mataram,” ungkapnya.

TTG ini juga menjadi kesempatan bagi para perajin atau pengusaha di Mataram untuk bertukar pikiran dengan peserta dari daerah lain.  Wali kota berharap TTG menjadi satu kesempatan agar daerah bisa bertukar informasi agar bisa diterapkan di daerah ini. “Daerah lain pasti punya temuan untuk dibagi dengan daerah lainnya,” tambahnya.

Salah satu pedagang mutiara mengaku beruntung dengan banyaknya event. Mereka dengan mudah menjajakan  barang jualan mereka.”Semakin banyak pertemuan di Mataram, kita semakin senang,” kata Ismi, pedagang dari Karang Genteng.

Ia mengatakan, kalau ada kegiatan pameran seperti ini biasa ia menambah stok  barang dagangannya, dan pendapatan yang ia dapat juga jauh lebih banyak dibandingkan dengan berjualan pada hari-hari biasa.(ami)