Bantuan untuk Palestina dari ASN dan Guru SMA/SMK di NTB Rp 456 juta

Penyerahan bantuan dari NTB untuk Palestina. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Pemerintah Provinsi NTB menyerahkan bantuan kepada masyarakat Palestina. Bantuan tersebut berupa uang tunai Rp 456 juta yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si melalui Lembaga Amal Bakti Dunia Islam (ABADI) di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Kamis (3/6/2021).

Dalam arahannya, Miq Gita sapaan Sekda NTB itu mengatakan, bantuan ini merupakan solidaritas dan dukungan nyata dari Pemerintah Provinsi NTB untuk meringankan beban bangsa Palestina yang sedang dilanda konflik perang yang berkepanjangan.

Adapun bantuan ini merupakan dana murni yang diberikan oleh ASN Lingkup Pemprov NTB serta guru-guru di seluruh sekolah SMA/SMK se-NTB. “Alhamdulillah solidaritas kita kepada Palestina diimplementasikan dalam bentuk nyata. Ada gerakan donasi spontan oleh ASN. Termasuk dari sumbangan guru-guru SMA/SMK di seluruh NTB. Bantuan ini merupakan  sumbangan murni dari kita untuk bangsa Palestina,” ungkap Sekda melalui rilis Diskominfotik NTB.

Baca Juga :  Palestina Bantu Korban Gempa Lombok

Untuk itu, Miq Gita mengatakan, bantuan ini merupakan misi kemanusiaan bukan politik, agama maupun lain sebagainya. Dalam perjalanan historis, negara Palestina merupakan negara yang pertama memberikan support kuat bagi kemerdekaan Indonesia. Sejarah memberikan motivasi dan menginspirasi untuk tetap peduli terhadap apa yang diperjuangkan oleh bangsa Palestina saat ini. “Sejarah tidak boleh dilupakan, amanat pembukaan UUD 1945 kita juga tegas jelas menyebutkan bahwa kemerdekaan adalah hak seluruh bangsa oleh karena itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan,” tegasnya.

Karena itu, Sekda NTB menyampaikan terima kasih atas partisipasi para ASN sehingga di tengah keterbatasan masih berkesempatan menyisihkan sebagian rizki yang diterima untuk menyampaikan rasa simpati dan dukungan moral kepada bangsa Palestina yang saat ini sedang berjuang menegakkan kemerdekaan mereka.

Baca Juga :  Rp 500 Juta Donasi Warga NTB untuk Palestina

Sementara itu, Ketua Majelis Al-Aqsho TGH Ahmad Mukhlis mengapresiasi atas kepedulian pemerintah Provinsi NTB terhadap penderitaan yang dialami oleh masyarakat Palestina. “Dari hati yang paling dalam kami berterima kasih kepada Pemprov NTB. Semoga bantuan ini sampai dan bisa mengurangi kesedihan yang dialami saudara-saudara kita yang ada di Palestina,” ungkapnya usai menerima bantuan.

Bantuan itu diterima oleh Ketua Lembaga ABADI Lalu. Lauhul Hamdi yang disaksikan oleh Ketua Majlis Al-Aqsho TGH Ahmad Mukhlis, para Asisten, para Kepala Biro, Kepala OPD lingkup Pemprov NTB dan ASN Setda NTB. Bantuan tersebut, rencananya akan diserahkan kepada salah satu lembaga internasional yang ada di Turki pada 26 Juni mendatang. (RL)