Banten dan Jakarta Saingan Berat NTB

MATARAM – Langkah NTB menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-26 mendapat tantangan berat dari Provinsi Banten dan DKI Jakarta.

Data yang dihimpun Radar Lombok, NTB untuk sementara menempatkan lima orang kafilahnya di babak final. Cabang Menulis Makalah Ilmiah Al-Quran (M2IQ) Putri atas nama  Farida Jaeka. Pada cabang khath Alqur'an atau kaligrafi, satu perwakilan NTB atas nama Ikhtiar   pada golongan kontemporer putera.

Berikutnya perwakilan NTB yang berhasil melaju ke babak final yaitu  pada cabang tilawah tuna netra atas nama  Riski Jumiati dan  tartil anak-anak Alhamudin.Satu lagi yang lolos ke final yaitu Muhammad Farhan golongan anak-anak putera. Terakhir, satu kafilah NTB di cabang hifzil Alqur’an golongan 10 juz lolos ke babak final.  Jumlah kafilah NTB yang masuk final bisa saja bertambah karena beberapa cabang sampai tadi malam masih menuntaskan babak penyisihan.

Provinsi Banten dan DKI Jakarta menjadi saingan berat NTB untuk menjadi juara umum. Provinsi Banten sendiri sudah menempatkan 10 kafilanya di babak final. Menyusul DKI  Jakarta menempatkan 5 kafilanya di final.   Di posisi berikutnya ada  Jawa Barat, Papua Barat dan Riau yang masing-masing mengirimkan empat kafilanya ke babak final.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Drs Fathurahman mengatakan,Provinsi NTB ingin menorehkan prestasi terbaik dalam MTQ ini. Setidaknya dengan mampu masuk menjadi 5 besar, apalagi saat ini NTB sebagai tuan rumah.  Sepanjang dilaksanakan MTQ dari pertama sampai saat ini, prestasi terbaik hanyalah saat berhasil menjadi juara 6 di MTQ Nasional tahun 2012 di Jambi. “Setidaknya kita bisa masuk lima besar, itu prestasi terbaik sudah,” ujarnya kepada Radar Lombok, Kamis kemarin  (4/8).

Bagi peserta perwakilan NTB yang berhasil menyumbangkan emas atau masuk final akan mendapatkan bonus dari Pemprov NTB. Wakil Gubernur NTB, H Muhammad Amin menyampaikan, Pemprov NTB telah mempersiapkan berbagai hadiah tambahan bagi perwakilan NTB yang mampu menjadi juara. Bersama sponsor, pihaknya akan memberikan uang Rp 100 juta dan umroh bagi empat orang pemenang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional asal NTB yang berhasil menjadi juara di tujuh cabang lomba dan 18 golongan.

Para peserta yang menjadi juara 1 akan mendapat bonus sebesar Rp 100 juta, juara 2 sebesar Rp 75 juta dan juara 3 sebesar Rp 50 juta. Bonus akan diberikan oleh Gubernur TGH M Zainul Majdi secara langsung dan juga tiket umroh. “Ayo NTB pasti bisa, bonus ini untuk memotivasi peserta. Pelatih juga akan kita berikan bonus yang sama,” ujar Wagub. (zwr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid