MATARAM – Bank Mandiri menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp256 miliar di Provinsi NTB untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 14 hari, yaitu pada 13– 26 April 2023 saat Ramadan dan jelang Idul Fitri 1444 H. Alokasi ini meningkat sekitar 13,8 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.
Vice President Bank Mandiri Area Mataram M Haris Budiman mengatakan, inisiatif ini sejalan dengan keinginan perseroan untuk memastikan nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas rutin di bulan Ramadan dan Idul Fitri secara nyaman pasca keputusan pemerintah mencabut kebijakan pembatasan kegiatan sosial.
Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi sekitar Rp16,1 miliar per hari selama periode tersebut.
“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 135 mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak akhir bulan lalu hingga saat libur lebaran,” kata Haris, Kamis (13/4).
Selain mesin ATM, kata Haris, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri.
“Kami telah melakukan preventive maintenance untuk sekitar 135 ATM dan 3.155 EDC yang berlokasi strategis seperti di bandara, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata,” katanya.
Nasabah juga dapat memanfaatkan Livin’ by Mandiri yang kini telah mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, pembayaran tagihan bulanan, top up otomatis e-wallet, tarik tunai tanpa kartu, serta pembayaran dengan Quick Response (QR) payment. Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta dan pesawat pada super app ini.
“Dengan fitur top up mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” imbuh Haris.
Haris juga memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.
“Tidak hanya itu, selama bulan Ramadan Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus spesial Ramadan untuk memanjakan nasabah,” tutup Haris. (luk)