Bank Danamon Raih Sertifikat Platinum Greenship

PENGHARGAAN : Direktur Syariah Bank Danamon, Herry Hykmanto menerima plakat Sertifikasi Platinum Bangunan Hijau dari Ketua Green Building Council Indonesia Iwan Prijanto, Rabu (23/3). (IST/ RADAR LOMBOK)

MATARAM – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menerima sertifikat bangunan hijau level platinum dari Green Building Council Indonesia atas komitmennya dalam mendukung program pengembangan dan pelestarian lingkungan yang berkelanjutan, guna mewujudkan keberlangsungan dan pelestarian lingkungan demi masa depan generasi penerus yang lebih baik.

“Saya dengan bangga mengungkapkan bahwa Danamon adalah bank pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi Greenship Platinum untuk kategori Kantor Pusat. Sertifikasi ini merupakan buah dari upaya kami untuk senantiasa mewujudkan komitmen terhadap keberlanjutan melalui penerapan Sustainable Finance,” kata Direktur Syariah Danamon, Herry Hykmanto (23/3).

Dikatakan Hery, sebagai salah satu negara yang menghadapi risiko perubahan iklim terbesar, Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29% di tahun 2030.  Melihat hal tersebut dan mengingat urgensi isu keberlangsungan yang kian penting, Danamon juga berkomitmen untuk mendorong penerapan sustainable finance. Diketahui  sejak tahun 2019. Danamon telah membentuk Sustainability Committe. Komite ini didirikan untuk mengimplementasikan lima prioritas rencana program yang merupakan bagian dari keinginan Danamon dalam memenuhi ketentuan dalam POJK Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi  Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.

BACA JUGA :  Bank Danamon dan JCB Luncurkan Kartu Kredit Untuk Segment Menengah Atas

Terlebih sebagai bagian dari keluarga besar MUFG yang memiliki komitmen kuat dalam hal Carbon Neutrality, Danamon juga bertanggung jawab dalam mendukung inisiatif-inisiatif terkait Carbon Neutrality. Hal ini demi memenuhi ketentuan dan arahan dari pemerintah serta pihak regulator. Sekaligus  menjaga keselarasan dengan MUFG. Salah satu langkah yang dilakukan Danamon adalah melakukan perkiraan emisi Gas Rumah Kaca secara grup.Termasuk anak perusahaan Adira Finance. Sehingga pada fiscal year 2021, Danamon berhasil menurunkan kadar emisi sebesar 24,6% sejak tahun 2019 sehingga berada di 45.3K CO2e Metrik Ton.

“Danamon percaya bahwa keberlanjutan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar kita dapat melestarikan lingkungan hidup yang sehat demi anak cucu kita di masa depan,” katanya.

Rencananya, Danamon akan terus mengembangkan inisiatif strategis dan juga tindakan sistematis untuk mengurangi emisi dalam kegiatan operasional. Beberapa pendekatan yang akan diwujudkan di antaranya penghematan tenaga listrik, pembuatan tenaga listrik secara mandiri melalui penggunaan panel surya, dan pembelian Renewable Energy Certificates (REC).

BACA JUGA :  Bank Danamon dan JCB Luncurkan Kartu Kredit Untuk Segment Menengah Atas

Danamon juga akan berfokus pada berbagai pembiayaan yang bertujuan untuk mendukung keberlanjutan,seperti pemasangan panel surya sebagai sumber energi terbarukan. Disamping transisi penggunaan baterai dan kendaraan elektrik yang juga memberikan manfaat berupa penghematan tenaga listrik dan bahan bakar.

“Saya yakin bahwa penerapan Sustainable Financing ini akan memiliki dampak yang positif. Tidak  hanya bagi kehidupan kita sebagai individu tetapi juga berbagai sektor bisnis dan perekonomian lainnya,” tuturnya.

Acara penyerahan plakat dan sertifikat ini diselenggarakan di Menara Bank Danamon dan dihadiri secara langsung oleh Herry Hykmanto selaku Direktur Syariah Danamon, Iwan Prijanto selaku Ketua Green Building Council Indonesia, konsultan PT Narama Mandiri dan PT Colliers International, bersama perwakilan tim Corporate Real Estate Management dan Sustainability Finance Danamon. (cr-rat)