Bank BTN Syariah Jadi Alternatif Pembiayaan Perumahan

Bank BTN Syariah
PEMBIAYAAN SYARIAH: Customer servis Bank BTN Syariah Cabang Mataram, ketika melayani nasabah untuk memanfaatkan jasa pembiayaan syariah, Kamis kemarin (18/1). (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Perkembangan pembangunan perumahan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) semakin besar, baik itu untuk rumah subsidi maupun komersil. Potensi yang begitu besar, menjadi pertimbangan Bank BTN Syariah membuka layanan kantor cabang di Kota Mataram.

“Kehadiran Bank BTN Syariah untuk memberikan pilihan kepada masyarakat dalam pembiayaan perumahan, baik itu untuk subsidi maupun komersil,” kata Branch Manager PT Bank BTN Cabang Mataram, Endra Kurniawan, Kamis kemarin (18/1).

BACA JUGA :  Developer Diingatkan Bangun Rumah Subsidi Berkualitas

Dikatakan, kehadiran Bank BTN Syariah memberikan pilihan kepada masyarakat untuk pembiayaan perumahan, baik itu rumah bersubsidi maupun komersil. Bank BTN Syariah tak jauh beda dengan Bank BTN konvensional yang ada di Provinsi NTB. Hanya saja perbedaannya lebih kepada pelaksanaan akad, dan tentunya layanan juga akan lebih baik.

Menurut Endra, potensi pembiayaan perumahan di Provinsi NTB dengan menggunakan prinsip syariah sangat besar. Dengan mayoritas penduduk di Provinsi NTB yang muslim, maka akan memberikan pangsa pasar yang besar dalam pembiayaan KPR melalui perbankan syariah, dalam hal ini Bank BTN Syariah. “Selain akad menggunakan prinsip syariah, juga pelayanan kami prioritas lebih cepat dan tepat waktu sesuai harapan dan keinginan dari pengembang,” ujarnya.

Meski baru membuka kantor cabang secara resmi di awal Januari 2018 untuk di Kota Mataram, Bank BTN Syariah Cabang Mataram juga sudah mulai gencar melakukan komunikasi, serta pendekatan kepada belasan perusahaan pengembang perumahan, baik itu untuk rumah bersubsidi maupun rumah komersil.

Dari pertemuan dengan belasan perusahaan pengembang perumahan kata Endra, responnya juga sangat bagus. Terlebih lagi tak sedikit dari pengembang tertarik dan menginginkan pembiayaan perumahaan menggunakan prinsip syariah. Bahkan sudah ada perusahaan pengembang yang melakukan penandatanganan akad untuk pembiayaan rumah bersubsidi di Provinsi NTB dengan Bank BTN Syariah Cabang NTB.

Selain sudah ada penandatanganan akad pembiayaan rumah subsidi, lanjut Endra, Bank BTN Syariah Cabang Mataram juga sudah melakukan penandatanganan akad pembiayaan untuk infrastruktur property lainnya dengan pengusaha di Kota Mataram.

Lebih lanjut Endra mengatakan, Bank BTN Syariah tidak hanya melayani pembiayaan KPR, baik itu subsidi mapun komersil, tetapi juga sejumlah bisnis pembiayaan lainnya. Seperti bidang investasi, membiayai infrastruktur gedung sekolah Islam, gedung kampus dan lainnya.

BACA JUGA :  KPH Jangan Cekik Petani Kecil

Begitu juga dengan usaha pembiayaan untuk modal kerja, pembiayaan multi manfaat dan multi jasa, yang diperuntukan bagi karyawan perusahaan, untuk pembelian barang elektronik, serta kelengkapan perabot rumah tangga.

Sementara untuk pembiayaan multi manfaat, seperti kebutuhan pendidikan, nikah, dan wisata, yang dalam proses pencairan pembiayaan langsung pihak ketiga atau vendor yang ditunjuk oleh debitur/nasabah tersebut. “Potensi pembiayaan keuangan syariah di NTB sangat besar, dan itulah kami hadir untuk memperluas jangkauan keuangan syariah di NTB,” ujarnya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid