Banjir Rendam Sejumlah Desa di Sekotong

BANJIR SEKOTONG : Kondisi banjir di salah satu lokasi di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. (IST)

GIRI MENANG – Sejumlah pemukiman warga yang tersebar di beberapa desa di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat terendam banjir Jum’at malam (29/1).

Tingginya curah hujan ini menjadi penyebab banjir. Kapolsek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta saat melakukan pemantauan mengatakan, curah hujan yang tinggi menyebabkan sungai tidak mampu menambung debit air lalu meluap ke persawahan dan pemukiman warga. Pemukiman warga yang terendam ini umumnya tersebar di kaki-kaki bukit.“Di wilayah Kecamatan Sekotong yang terkena dampak kelebihan debit air tersebut antara lain Desa Sekotong Barat, Desa Pelangan, Desa Buwun Mas, Desa Cendi Manik, Desa Sekotong Tengah dan Desa Taman Baru,” bebernya.

Personel Polsek Sekotong diinstruksikan tetap melakukan pemantauan dan memonitor perkembangan di semua lokasi yang terendam banjir ini. “Walaupun ini diakibatkan luapan air akibat curah hujan yang tinggi, kepada masyarakat dih
imbau untuk untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan,” pintanya.

Menurutnya, bila ini tidak diperhatikan maka akan memperparah keadaan. Sungai atau saluran yang tersumbat sampah akan menghambat aliran air. Akibatnya, air akan meluap ke pemukiman warga. “Walaupun ini tidak bisa dihindari, setidaknya untuk mempercepat proses surutnya lupan air ini, sehingga diharapkan warga secepatnya terbebas dari rendaman air,” katanya.

Dari laporan yang diterima kata Sumerta, tidak ada korban jiwa. Namuan dia menekankan tetap meningkatkan kewaspadaan.
“Dampak terkait kamtibmas juga kita wasapadai, untuk mengantisipasi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi ini,” pungkasnya. Menyikapi ini, kegiatan pencegahan kriminalitas terhadap warga yang terdampak bencana ini ditingkatkan. Salah satunya dengan meningkatkan kegiatan patroli.(ami).