Bang Zul Ungkap Cerita di Balik Nama Zulkieflimansyah

Dr. H. Zulkieflimansyah
Dr. H. Zulkieflimansyah

Sumbawa – Ibarat sebuah doa yang dipanjatkan orang tua untuk diri sang anak, itulah makna sebuah nama. Begitu pula nama yang disandang Calon Gubernur NTB, Dr H. Zulkieflimansyah. Bang Zul, sapaan akrabnya mengaku nama miliknya tersebut kemungkinan hanya ada satu di dunia.

Mengapa demikian? Karena nama Zulkieflimansyah didapatnya dari kombinasi dua nama kakeknya. “Zulkiefli itu nama saya, ‘mansyah’ itu sebenarnya kombinasi dua nama kakek saya. Man nya itu dari Mancawari, Syah-nya dari Syahrudin. Jadi Zulkieflimansyah itu mungkin satu-satunya nama di dunia,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Memiliki nama yang tidak biasa, tampaknya menjadi pendorong Bang Zul untuk mengisi hidup dengan hal-hal yang tidak biasa pula. Sejak duduk di bangku SMA, Bang Zul sudah berkelana mengikuti pertukaran pelajar ke negeri kangguru, Australia. Lulus SMA, Bang Zul melanjutkan ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sekitar tahun 90-an.

Tak hanya menjadi mahasiswa salah satu kampus terbaik di Indonesia, Bang Zul juga berkesempatan mengenyam pendidikan di Jepang, Skotlandia, Belanda, Amerika Serikat, dan terakhir, di Swedia sebelum dia kembali ke FE UI. Pencapaian akademis ini berlanjut dengan keberhasilannya menduduki kursi wakil rakyat di Senayan selama tiga periode berturut-turut hingga hari ini.

Apa motivasi yang melatarbelakangi begitu banyak pencapaian Bang Zul? Ia mengaku ada cerita yang sangat menginspirasinya dalam bertindak, termasuk mengambil langkah untuk maju sebagai salah satu Calon Gubernur NTB.