Bandara ZAM Raih Akreditasi Terbaik Dunia

BANDARA ZAM
BANDARA ZAM

PRAYA – Di tengah kondisi penerbangan yang masih belum pulih, Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (ZAM) yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) berhasil meraih akreditasi Airport Customer Experience Accreditation yang merupakan program dari Airports Council International (ACI). Bandara ZAM merupakan salah satu dari sepuluh bandara yang berhasil meraih akreditasi pelayanan terbaik tingkat dunia. Hal ini menjadikan Angkasa Pura I sebagai operator bandara pertama di Asia Pasifik yang mayoritas bandaranya mendapatkan pengakuan atas komitmen peningkatan pengalaman pelanggan dari lembaga kebandarudaraan prestisius dunia yang berbasis di Montreal Kanada.

Selain Bandara ZAM, bandara Angkasa Pura I yang berhasil memperoleh akreditasi lainnya yakni bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara El Tari Kupang, Bandara Pattimura Ambon dan Bandara Adi Soemarmo Solo.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi, menegaskan bahwa apa yang dihasilkan saat ini merupakan kerja keras dari semua elemen. Akreditasi yang dapat akan semakin mengukuhkan kinerja dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Kami bangga bahwa komitmen kami dalam meningkatkan level of service serta customer experience di bandara-bandara yang kami kelola, berhasil mendapat akreditasi internasional melalui Airport Customer Experience Accreditation. Program yang dilakukan oleh ACI. Akreditasi ini semakin mengukuhkan kinerja pelayanan seluruh bandara Angkasa Pura I setara dengan bandara-bandara kelas dunia lainnya,”ungkap Faik.

Dalam program strategisnya, Angkasa Pura I merencanakan peningkatan kapasitas total di seluruh bandara yang dikelolanya hingga dua kali lipat dalam lima tahun ke depan. Angkasa Pura I menekankan bahwa kualitas pelayanan kepada pelanggan merupakan suatu prioritas yang terus ditingkatkan demi mencapai target menjadi salah satu yang terbaik di tingkat global. “Dengan adanya akreditasi ini, maka kita akan terus meningkatkan pelayanan,”tegasnya.

Sementara itu ACI World Director, Angela Gittens, menegaskan bahwa akreditasi ini dilakukan berdasarkan praktik bandara dalam memberikan pengalaman pelanggan terbaik yang terdiri atas customer understanding, strategy measurement, operational improvement, governance, airport culture, service design atau innovation, dan airport community collaboration. “Dengan akreditasi dari ACI ini, artinya pengelola bandara telah menunjukkan komitmen secara terus-menerus untuk mengulas dan meningkatkan pengalaman pelanggan mereka yang terus berubah, unggul, dan belajar bagaimana mereka dapat terus meningkat,” ungkapnya.

Perwakilan Bandara ZAM akan diundang menerima sertifikat akreditasi dalam ajang ACI Customer Experience Global Summit yang akan diadakan di Bali pada 2-5 September 2019 mendatang bersama bandara-bandara internasional dunia yang turut mendapatkan akreditasi ini seperti Bandara John F. Kennedy New York, Bandara Chattrapati Shivaji Mumbai-India, Bandara  Incheon-Korea Selatan, serta Bandara Internasional Halifax Stanfield-Kanada.(met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid