Bandara Lombok Berbenah Sambut Gelaran MotoGP 2021

BANDARA LOMBOK
PESAWAT PARKIR : Salah satu pesawat maskapai penerbangan nasional ketika menunggu penumpang naik.

MATARAM – PT Angkasa Pura I ikut berparitispasi mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai program kawasan pariwisata strategis nasional. Terlebih lagi dengan dijadikannya KEK Mandalika sebagai tempat balap MotoGP pada Oktober 2021 mendatang. PT Angkasa Pura I menggelontorkan dana senilai Rp 1,2 triliun nilai investasi untuk pengembangan infrastruktur kawasan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok.

General Manager PT Angkasa Pura I Cabang BIZAM Lombok Nugroho Jati mengatakan investasi senilai Rp 1,2 triliun untuk pembangunan berbagai infrastruktur tersebut sebagai salah upaya Angkasa Pura I Cabang Bandara Lombok mempersiapkan diri menyambut KEK Mandalika, lebih khususnya gelaran MotoGP yang akan berlangsung pada Oktober 2021 mendatang.

“Berbagai pengembangan infrastruktur di Bandara Lombok ini untuk menyiapkan event internasional MotoGP 2021 sekaligus KEK Mandalika sebagai destinasi pariwisata prioritas nasional,” kata Nugroho Jati, Kamis (1/10).

Dijelaskan Nugroho Jati, pembangunan infrastruktur pendukung KEK Mandalika dan MotoGP dilaksanakan dalam waktu tiga tahun. Mulai dari tahun 2019 untuk tahapan perencanaan, 2020 realisasi infrastruktur dan 2021 penyelesaian. Targetnya pada Juni 2021 mendatang, semua infrastruktur pendukung KEK Mandalika dan MotoGP 2021 dengan nilai investasi Rp 1,2 triliun sudah selesai.

Adapun, beberapa program pengembangan infrastruktur dalam mendukung MotoGP dan KEK Mandalika, antara lain memperluas daya tampung penumpang, dari sebelumnya kapasitas 3,5 juta penumpang per tahun, nantinya bisa mencapai 7,5 juta penumpang per tahun. Selanjutnya, adalah infrastruktur perpanjangan dan penguatan daya dukung landasan dari panjang sebelumnya 2.750 meter menjadi 3.300 meter dengan penambahan mencapai 550 meter dari sebelumnya. Target penyelesaian konstruksi perpanjangan landasan ini Juni 2021 sudah selesai. Selanjutnya pada Oktober 2021 sudah bisa kick off.

Selain itu, akan ada penambahan apron terminal pesawat berbadan besar sekelas boeing dan airbus type 747.400 jumbo dengan kapasitas penumpang 450 orang sebanyak dua tempat parkir. Sebelumnya sudah ada empat apron tempat parkir pesawat berbadan besar, sehingga nantinya menjadi enam apron tempat parkir.

Nugroho Jati juga memastikan berbagai fasilitas infrastuktur di kawasan Bandara Lombok ini akan selesai tepat waktu sebelum gelaran MotoGP 2021 mendatang. Sehingga ketika gelaran MotoGP, Bandara Lombok sudah siap menerima kedatangan pesawat berbadan besar, termasuk berbagai fasilitas lainnya sudah siap.

Dengan demikian, Bandara Lombok, betul betul sudah siap menyambut gelaran MotoGP 2021, termasuk operasional KEK Mandalika sebagai destinasi parirwisata prioritas nasional.

‘Semua infrastruktur dengan nilai investasi Rp 1,2 triliun itu sudah selesai dikerjakan pada Juni 2021 mendatang,” pungkasnya. (luk)

BACA JUGA :  Pembebasan Lahan MotoGP Masih Tarik Ulur
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaInvestor Swedia Bangun 150 Villa di Mekar Sari
Berita berikutnyaSatgas Penanganan Covid-19 Gandeng PWI