Bandara LIA Direncanakan Beroperasi 24 Jam

Lombok International Airport
Lombok International Airport

PRAYA — Meningkatnya kunjungan wisatawan di wilayah NTB  berdampak positif terhadap keberadaan Bandara Lombok Internasional Airport (LIA) Lombok Tengah. Lantaran itu, PT Angkasa Pura I berencana mengoprasikan Bandara tersebut  selama 24 Jam.

Saat ini, PT AP I sedang melakukan komunikasi dengan berbagai stakeholder yang mendukung kegiatan tersebut. Mengingat, jika nantinya bandara beroperasi selama 24 jam. Secara otomatis juga para pekerja yang ada ditempat tersebut tetap standbye di lokasi. 

“Kedepan kita rencanakan Bendara LIA ini akan beroperasi selama 24 jam,” ungkap General Manajer  (GM) PT Angkasa Pura I, LIA Praya Lombok Tengah, I Gusti Ngurah Ardita, Jumat kemarin(11/5).

Jika kalau dilihat dari segi kesiapan bandara, jelasnya, untuk pengoperasikan selama 24 jam sudah sangat siap saat ini. Ini didukung pasukan di bandara sudah siap.  Namun, ada dua yang harus diperhitungkan yakni apakah airline sudah memilik rencana baru untuk tambahan rute penerbangan. Kedua, saat ini pihaknya sedang mengkomunikasikan dengan kesiapan pihak lainnya seperti Imigrasi, Beacukai dan lainnya.

Apabila LIA ini dioperasikan selama 24 jam, bebernya, harus diperhitungkan semuanya. Disamping membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM), juga membutuhkan biaya operasional yang cukup besar. 

“Kalo tidak ada penerbangan percuma saja dioperasikan 24 jam. Intinya bandara kita siap beroperasi 24 jam, kapan waktunya kita tidak bisa tentukan,” tambahnya.