Balap Liar Udayana, 94 Motor Diamankan

DORONG: Para pemilik kendaraan yang terjaring balapan liar di Jalan Udayana mendorong kendaraannya ke Mapolresta Mataram. (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM – Aparat kepolisian membubarkan aksi balap liar di Jalan Udayana, Minggu (12/2) kemarin, sekitar pukul 02.40 WITA. Dalam operasi yang digelar itu, sedikitnya 94 kendaraan roda dua terjaring. “Total ada 94 kendaraan yang terjaring saat akan balapan liar di Jalan Udayana, Kota Mataram,” terang Kabag Ops Polresta Mataram Kompol I Gede Sumadra Kerthiawan, kemarin.

Kendaraan yang terjaring, ada yang teridentifikasi melakukan balapan liar dan ada yang juga menonton. Kendaraan para penonton ikut serta diamankan karena tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). “Ada juga kendaraan yang kami amankan karena menggunakan knalpot brong, serta pelanggaran lalu lintas lainnya,” katanya.

Baca Juga :  Mataram Mall Diwacanakan Jadi Pusat Grosir

Terhadap kendaraan tersebut, kini diamankan di Mapolresta Mataram. Bagi pemilik kendaraan yang terjaring, akan diberikan surat tilang sebagai efek jera. “Kendaraan itu kami amankan di Mapolresta Mataram untuk dilakukan pendataan,” ujarnya.

Sedangkan bagi kendaraan yang tidak dilengkapi dengan STNK, kendaraan tersebut tetap akan disita. Hal itu bertujuan untuk memberikan efek jera. “Sanksi yang kami berikan kendaraan akan ditahan sampai sebulan ke depan,” bebernya.

Baca Juga :  Klinik Kecantikan E’derma Kini Hadir di Kota Mataram

Razia balap liar akan terus digencarkan. Pasalnya aktivitas balap liar di jalan raya Udayana kerap kali dikeluhkan oleh masyarakat, khususnya para pengguna jalan. “Apa yang kami lakukan ini dalam rangka kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) bersama polsek jajaran,” ucapnya.

Diharapakan kepada anak-anak muda, agar tidak melakukan balapan liar. Selain karena membahayakan diri sendiri juga dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan lain. “Kami juga berharap kepada masyarakat agar  memberikan informasi jika menemukan adanya aksi balapan liar,” harapnya. (cr-sid)

Komentar Anda