Balap F1 di Sirkuit Mandalika Diharapkan Tahun Depan

KUNJUNGAN: Perwakilan penyelenggara event balapan F1, Gerwin saat berkunjung ke pendopo Gubernur NTB untuk bahas penyelenggaraan F1 di Sirkuit Mandalika, Senin (14/2).(Faisal Haris/Radar Lombok)

MATARAM – Perwakilan dari promotor penyelenggaraan Formula One (F1) Gerwin Geran berkunjung ke NTB sekaligus meninjau langsung Sirkuit Mandalika yang baru saja digunakan sebagai lokasi tes pramusim MotoGP 2022.

Kunjungan ini sebagai tindaklanjut pertemuan perwakilan Pemprov NTB dengan penyelenggaraan F1 di Abu Dhabi untuk membahas rencana balapan F1 di Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu. Gerwin Geran menyatakan, Sirkuit Mandalika telah memenuhi syarat untuk gelaran balapan jet darat tersebut. “Sangat besar kemungkinan F1 diselenggarakan di Mandalika,” kata Geran usai bertemu Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Senin (14/2).

Geran mengaku kagum dengan keindahan lokasi tempat dibangun Sirkuit Mandalika di KEK Mandalika. Sehingga tidak salah kemudian nanti penyelenggaraan F1 dilaksanakan di Sirkuit Mandalika yang juga telah dipilih sebagai lokasi event MotoGP 2022 oleh Dorna Sports. Karena memang lokasinya cukup indah. “MotoGP senang, itu sirkuit terindah di dunia. Formula 1 juga senang. Sirkuit Mandalika sangat cantik dan indah. Mandalika mantap,” ucapnya.

Baca Juga :  Pemprov Diminta Intervensi Harga Tembakau

Sementara Gubernur NTB, Zulkieflimansyah juga mengaku jika dari kesiapan Sirkuit Mandalika sudah sangat siap jika dijadikan tuan rumah dalam event F1. “Kita di Mandalika lebih dari siap untuk dijadikan tuan rumah Formula One (F1). Tapi yang paling penting commitment fee-nya yang besar. Lebih mahal dari MotoGP,” katanya.

Gubernur hanya berharap besar Sirkuit Mandalika segera menjadi tempat gelaran balap F1. Karena Sirkuit Mandalika sudah memenuhi syarat untuk menjadi lokasi balapan jet darat. Meski harus ada yang perlu modifikasi dari sisi sirkuitnya tapi terlalu banyak. Karena motor sama mobil tentu ada yang beda yang harus dibenahi model Sirkuitnya. “Tapi kita berharap sih 2023. Karena sirkuitnya sudah ada dan memenuhi syarat. Tinggal negosiasi tentang commitment fee-nya saja dan kita tidak mau bebani negara berlebihan juga, lihat situasi ajalah. Kalau sudah Covid nya sudah reda dan MotoGP sukses kemungkinan besar bisa sih (2023),” harapnya.
Ditambahkan Ketua IMI NTB, Lalu Herman Mahaputra bahwa dengan kedatangan tim dari penyelenggaran F1 ke NTB tentu ingin membantu agar Sirkuit Mandalika bisa dijadikan tuan rumah event F1. “Ya kalau kita istilahkan mereka melakukan penjejakan, karena menurutnya Sirkuit Mandalika ini siap dijadikan lokasi penyelenggaraan F1. Jadi ingin membantu kita lah,” tambahnya. (sal)

Komentar Anda