Bahas Kerjasama, Dirut AirAsia Temui Gubernur NTB

Sinergikan Penerbangan dengan Perhotelan di Lombok

AIR ASIA: Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga, ketika bertemu dengan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah S. E M.Sc, bertempat di Ruang Kerja Gubernur, Kamis siang (3/11/2020). (ist forradarlombok.co.id)

MATARAM—Setelah melakukan pertemuan dan pengenalan potensi kerjasama antara platform airasia.com dengan hotel-hotel di Lombok, kemarin. Kali ini AirAsia Indonesia kembali melakukan pertemuan dengan Gubernur Provinsi NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah S. E M.Sc, bertempat di Ruang Kerja Gubernur, Kamis siang (3/11/2020).

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga menyampaikan tujuan bertemu dengan orang nomor satu di NTB tersebut, guna untuk menyampaikan performa rute AirAsia di Lombok, serta realisasi rencana perusahaan dalam mendukung geliat ekonomi masyarakat di NTB, khususnya Lombok, dengan menambah jumlah inventory hotel-hotel di Lombok ke dalam platform airasia.com.

“Pertemuan dengan Gubernur NTB hari ini (Kamis, red) merupakan lanjutan kerjasama antara AirAsia dengan Pemprov NTB, yang telah dimulai sejak lama. Kami merasa senang pernah menjadi bagian revitalisasi pariwisata Lombok di tahun 2019, dengan membuka konektivitas langsung ke Perth, Australia, dan destinasi-destinasi wisata domestik di tanah air seperti Bali, Yogyakarta, dan Surabaya, serta menambah frekuensi penerbangan ke hub AirAsia di Kuala Lumpur yang terhubung dengan ratusan kota di Asia dan dunia yang telah turut menambah sekitar 318 ribu penumpang dari dan ke Lombok tahun lalu,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, pada bulan Oktober dan November, AirAsia telah menerbangkan 187 penerbangan dari dan ke Lombok, dengan tingkat keterisian beberapa penerbangan di bulan November telah mencapai 70% sesuai kapasitas maksimal yang ditetapkan oleh pemerintah. “Jumlah penumpang AirAsia yang mengunjungi Lombok juga meningkat hampir 2 kali lipat dalam 2 bulan terakhir, dan diperkirakan terus meningkat di bulan Desember,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi peningkatan ini, katanya, AirAsia telah menambah frekuensi penerbangan rute Lombok-Jakarta menjadi 14 kali per minggu dari sebelumnya 7 kali, dan telah melayani rute Lombok-Surabaya dengan frekuensi 4 kali per minggu.

Selain itu, kini Lombok telah terhubung dengan Medan melalui Jakarta, dan segera terhubung ke kota-kota lainnya. Di bulan Desember ini AirAsia telah menyediakan kapasitas sebanyak lebih dari 10.000 kursi untuk penerbangan dari dan ke Lombok.

“Kami yakin, kita akan sama-sama kembali bangkit dari situasi saat ini dengan terus bersinergi, melakukan upaya promosi bersama produk dan layanan pelaku industri wisata. Tidak hanya hotel, namun produk pendukung seperti aktivitas, transportasi, dan lainnya, untuk mendorong dan mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat,” katanya.

Ia juga berharap sinergi antara Lombok dan platform airasia.com ini bisa menghasilkan penawaran-penawaran harga menarik, sehingga dapat meningkatkan daya tarik Lombok bagi jutaan basis pelanggan AirAsia yang tersebar di berbagai kota, dan berkontribusi positif terhadap jumlah kunjungan ke Lombok.

“Hal ini ditambah dengan komitmen AirAsia Indonesia untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat, menyediakan bagasi gratis 15 kg, dan menjaga kapasitas sesuai peraturan pemerintah,” terangnya. (sal/*)